Alat Hemat BBM Aceh Tengah Masuk 6 Besar Inovasi Nasional

Siswa SMK Negeri 2 Takengon, Aceh Tengah, bersama hasil karya mereka, alat penghemat BBM

Takengon – Alat Penghemat Bahan Bakar Minyak (BBM), karya Siswa SMK Negeri 2 Takengon- Aceh Tengah, berhasil masuk dalam 6 (enam) besar tingkat Nasional tahun 2015. Informasi yang diperoleh masuknya hasil Inovasi Teknologi Tepat Guna anak negeri dataran tinggi Gayo ini, dibenarkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Aceh Tengah, Jakfar SE,MM melalui Sekretaris Badan Drs. Windi Darsa,MM, Minggu (04/10).

Menurut Windi Darsa, Inovasi Teknologi alat penghemat Bahan Bakar (BBM) yang diboyong ke Banda Aceh ini sebelumnya telah melalui proses uji emisi sebanyak 2 (dua) kali, yang pertama dengan menggunakan peralatan uji emisi, yang tersedia pada SMK Negeri 2 Banda Aceh, dengan hasil yang diperoleh adalah Ramah lingkungan. Kemudian sebut Windi tim pun belum puas dengan hasil rekomendasi ramah lingkungan, untuk lebih menambah keyakinan alat penghemat BBM ini kembali mendapatrkan uji emisi dengan peralan lengkap yang dipunyai oleh Dishubkominfo Aceh, dan ternyata hasil yang diperoleh adalah Layak Pakai dan Layak Uji.

Sebelumnya alat penghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) pada kendaraan roda empat yang dikembangkan oleh Siswa SMK Negeri 2 Takengon-Aceh Tengah ini, telah berhasil menjuarai lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke VI se-Aceh, yang berlangsung di kota Langsa pada bulan April 2015 yang lalu. Karenanya berhak mewakili Aceh pada Gelar TTG Nasional XVII tahun 2015 yang akan berlangsung pada minggu kedua oktober di Banda Aceh.

Adalah Tri Waluyo Siswa SMK negeri 2 Takengon, Penemu peralatan Alat Penghemat BBM, dengan penuh percaya diri menjelaskan sistem kerja Peralatan Penghemat BBM kepada tim Penilai. Dengan argumentasi yang disampaikan Tri Waluyo dan contoh peralatan yang telah terpasang pada salah satu kenderaan jenis Kijang roda empat, yang sengaja dibawa dari Aceh Tengah, semakin menambah keyakinan tim dari Jakarta.

Dan benar adanya sebut Windi Darsa, alat Penghemat BBM buah karya Tri Waluyo, untuk seleksi tahap pertama, telah berhasil masuk dalam 6 (enam ) besar nominasi Inovasi TTG tingkat Nasional tahun 2015. [BPMK Aceh Tengah]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan