Dari Luar Angkasa, inilah “Wajah Indonesia” di Malam Hari

Kanalaceh – Bumi di siang hari bila dilihat dari luar angkasa adalah sebuah planet biru yang diwarnai awan putih nan indah. Pemandangan ini hampir tak berubah sepanjang masa. Namun, pada malam hari, ada yang berubah pada wajah bumi sejak seratus tahun belakangan.

Bumi yang hitam pekat di beberapa tempat dihiasi cahaya yang tak kalah indah. Cahaya tersebut berasal dari lampu-lampu peradaban manusia di permukaan bumi. Semakin terang titik cahaya, dipastikan semakin padat populasi manusia di tempat itu dan semakin maju peradaban mereka.

indonesia-jakarta

Melihat foto satelit Indonesia di siang hari telah sering kita lakukan lewat Google Maps atau Google Earth. Tetapi, pernahkah Anda menjelajahi gugusan kepulauan Nusantara pada malam hari? Keindahan bumi Indonesia akan tampak dalam bentuk yang berbeda-beda.

Pulau jawa terlihat sangat kontras di banding pulau-pulau Indonesia lainnya. Nyaris seluruh tubuh pulau Jawa diterangi cahaya lampu menandakan padatnya populasi manusia di pulau ini. Sementara hal sebaliknya terlihat di pulau Papua, meskipun besar, pulau ini tampak pekat dengan hanya dihiasi beberapa titik cahaya. Titik cahaya ini biasanya adalah kota-kota besar di Papua seperti Jayapura, Timika dan Sorong. Selebihnya lebih didominasi kegelapan.

indonesia-jawa

Pemandangan berbeda juga bisa kita lihat ketika menengok pulau Sumatera. Pulau Andalas yang berdampingan dengan semenanjung Malaysia juga tampak kontras. Cahaya paling terang di Pulau Sumatera berasal dari Kota Medan bertaut dengan Kota Binjai serta dari kota-kota provinsi, selebihnya masih cenderung gelap. Sementara bila dibandingkan dengan semenanjung Malaysia, hampir seluruh pesisirnya di terangi cahaya berkilau mirip kondisi pulau Jawa.

Pemandangan kontras Pulau Sumatera dengan Malaysia

indonesia-sumatera

Di Sumatera, propinsi yang paling banyak memiliki titik cahaya adalah Riau. Kota Pekanbaru, Duri dan Dumai tampak terang, mengindikasikan aktivitas malam hari yang ramai di kota-kota tersebut. Riau dikenal sebagai salah satu provinsi dengan tingkat pembangunan yang masif. [] sumber: viva.co.id.

Related posts