Start dari Posisi Keenam, Dani Pedrosa Juara

MOTEGI – Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, berhasil finis pertama pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015). Bagi Pedrosa, ini merupakan kemenangan perdananya musim ini.

Saat start balapan dilakukan, Valentino Rossi menyodok ke depan. Namun, Jorge Loronzo yang melakukan start dari pole position segera merebut posisi terdepan.

Lap pertama dari 24 putaran balapan berakhir dengan Lorenzo memimpin diikuti Rossi, Andrea Dovizioso, Pedrosa, Andrea Iannone, dan Marc Marquez. Pada akhir lap keempat, Lorenzo memimpin 2,7 detik dari Rossi.

Di depan, Lorenzo terus memperlebar jarak. Pada lap ketujuh, dia memimpin 3,4 detik dari Rossi. Di tengah, Stefan Bradl melakukan kesalahan di tikungan lima dan keluar lintasan. Pada lap kedelapan, Jack Miller terjatuh saat melewati tikungan 10.

Pada lap ke-11, Iannone harus berhenti dari balapan karena masalah mesin. Pada lap berikutnya, Pedrosa naik ke urutan ketiga melewati Dovizioso yang melebar saat melewati tikungan 10.

Pedrosa mulai mendekati Rossi yang berada di urutan kedua. Lorenzo membalap sendiri di depan. Pada akhir lap ke-14, Pedrosa tertinggal 2 detik dari Rossi. Satu putaran berikutnya, jarak keduanya hanya 1,5 detik.

Pedrosa berhasil mendekati Rossi dan keduanya bersaing ketat memperebutkan posisi kedua. Di tikungan 9 lap ke-16, Pedrosa berhasil melewati Rossi. Selanjutnya, Pedrosa mulai mengejar Lorenzo.

Lorenzo, Pedrosa, dan Rossi memimpin balapan. Pedrosa hanya tertinggal 1,4 detik dari Lorenzo pada lap ke-17. Lorenzo semakin melambat karena masalah pada ban, sementara Pedrosa semakin cepat.

Pedrosa akhirnya berhasil melewati Lorenzo pada lap ke-18. Lorenzo mendapat tekanan dari Rossi yang berada tepat di belakangnya. Di depan, Pedrosa terus menjaga jarak.

Persaingan terjadi antara Lorenzo dan Rossi dalam perebutan tempat kedua. Pada lap ke-20, Lorenzo melebar di tikungan 3 dan Rossi mengambil kesempatan untuk melewatinya. Pada lap berikutnya, Marquez naik ke urutan ketiga setelah melewati Dovozioso.

Posisi lima besar ketika balapan memasuki tiga putaran terakhir adalah Pedrosa, Rossi, Lorenzo, Marquez, dan Dovizioso. Posisi ini tidak berubah hingga balapan berakhir. Pedrosa resmi meraih kemenangan pertamanya musim ini.

Rossi finis di urutan kedua dan masih memimpin klasemen dengan 283 poin, disusul Lorenzo dengan 265. Keduanya kini terpisah 18 poin. [] sumber: kompas.com

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan