Kecuali Perpanjang Umur, Minum Kopi Mampu Turunkan Risiko Kanker

Foto: Thinkstock

Kopi merupakan minuman terppuler di dunia. Banyak penelitian membuktikan manfaat kesehatan minuman ini. Mulai dari memperpanjang usia hingga mencegah beragam kanker.

Minum kopi bukan sekedar menikmati aroma dan rasa biji kopinya tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan. Dikutip dari Food World News (08/10), beragam manfaat kesehatan dari kopi diungkap oleh berbagai penelitian di dunia.

1. Memperpanjang usia
Minum kopi dapat membuat Anda hidup lebih lama. Telah ditemukan bahwa orang-orang yang suka minum kopi memiliki risiko 14% lebih rendah meninggal di usia muda dari sebab apapun. Dibandingkan dengan mereka yang jarang minum kopi. Minum kopi dengan kafein yang sedikit juga dapat menurunkan 8 persen risiko kematian lebih rendah.

2. Menurunkan risiko kanker hati
Kopi juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko terkena kanker hati. Karena penyakit hati ini adalah kanker keenam yang paling umum di dunia dan lebih sering terjadi pada laki-laki.

Hasil dari enam studi yang dilakukan, berdasarkan jumlah total cangkir kopi yang diminum per hari, ditemukan risiko relatif kanker hati menjadi 14% lebih rendah.

3. Menurunkan diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang cukup besar. Cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan minum kopi. Karena peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Dalam 28 studi yang dilakukan lebih dari satu juta orang dewasa, mereka yang minum tiga cangkir atau lebih kopi dalam sehari. Mereka memiliki risiko 21% lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang meminum kopi.

4. Menurunkan risiko kanker prostat
Dari 13 penelitian yang telah meneliti lebih dari 530.000 laki-laki ditemukan mereka yang suka minum kopi memiliki risiko relatif 10% lebih rendah terkena kanker prostat. Dibandingkan mereka yang minum sedikit kopi.

Namun,untuk mengonsumsi beberapa cangkir kopi sehari harus dibarengi dengan aktif berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sumber : detik.com

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan