Cara Ini Bisa Bantu Usir Kantuk di Siang Hari

Foto: Thinkstock

Jakarta – Pasti Anda pernah merasakan menjadi zombie di siang hari, terutama jika sedang berada di kantor. Mata mulai tak fokus menatap layar komputer karena mata terasa sangat berat dan otak rasanya berjalan sangat lamban pasti pernah dirasa. Jika sudah seperti itu, seringkali kopi pun jadi senjata mengusir kantuk.

Anne Milasincic Andrews, Ph.D., dari Clinical Neuropharmacology, University of California, Los Angeles, menyampaikan selain kurang tidur, kadar gula rendah atau kelelahan bisa membuat seseorang mudah ngantuk.

“Terkadang ini cuma masalah bagaimana meningkatkan aliran darah ke otak dan tubuh. Untuk mengatasinya mungkin hanya butuh istirahat sebentar dari komputer dan lakukan beberapa cara untum menghilangkan kantuk tanpa kopi,” tutyr Andrews.

Nah, dikutip dari CNN pada Sabtu (17/10/2015), ada 4 cara mudah untuk menghilangkan kantuk tanpa kafein:

2

1. Tontonlah Video Viral

Berhentilah sejenak dari pekerjaan Anda, dan sempatkan untuk menonton beberapa video viral seperti video lucu, menarik dan yang pastinya bisa membuat Anda merasa ‘terbangun’ dari rasa kantuk.

Penelitian membuktikan bahwa video yang menarik akan membantu menghilangkan rasa lelah yang terjadi karena terlalu lama menatap layar komputer.

“Mengubah fokus selama beberapa saat untuk melakukan aktivitas lain, visual atau stimulasi, atau terlibat dalam sesuatu hal yang menyenangkan, dapat meningkatkan kesadaran sehingga Anda bisa tetap terjaga,” tutur Andrews.

3

2. Minumlah Segelas Air

Jika Anda berolah raga setiap hari, kemungkinan bukan hanya lelah otot yang memperlambat Anda.

Dehidrasi dapat memengaruhi aliran darah ke otak. Karena ketika dehidrasi, tekanan darahlah yang pertama merasakan dampaknya. Ketika tekanan darah menurun, aliran darah dan nutrisi ke otak juga akan menurun.

Meminum segelas air akan membantu Anda menghilangkan rasa kantuk.

4

3. Pergi Keluar

Jalan-jalan ke luar dan menikmati sinar matahari bisa sangat efektif bagi beberapa orang untuk menghilangkan rasa kantuk mereka.

Untuk beberapa kasus, penelitian menyebutkan bahwa paparan cahaya dapat membantu meningkatkan kesadaran mental,

“Anda mungkin hanya memerlukan aktivitas fisik singkat untuk mematahkan dampak dari hanya duduk dan fokus terlalu lama,” tambah Andrews.

5

4. Makan Permen Mint

Glukosa darah berada pada titik terendah setelah tiga jam sesudah Anda mengkonsumsi makan siang. Anda pastinya membutuhkan gula dalam keadaan seperti itu. Tapi, sebelum Anda menikmati cupcake, pikirkankah beberapa alternatif yang lebih sehat.

Andrews menyarankan agar mengonsumsi permen mint saja sebenarnya sudah cukup untuk menetralkan perasaan letih dan mengantuk pada siang hari, hanya untuk stimulasi sensorik.

Tapi, bagaimana jika Anda masih ingin secangkir kopi?

“Jika Anda tetap tidak bisa ‘bangun’? Anda mungkin kurang tidur. Jika memang Anda mengalami kurang tidur kronis, maka Anda perlu berusaha menyediakan waktu untuk memejamkan mata,” kata Andrews.

Sumber: detikHealth

Komentar Facebook
Ads