Rossi Dihukum, Harus Start dari Posisi Terakhir di Valencia

SEPANG (KANAL ACEH.COM) : Rider Movistar Yamaha Valentino Rossi mendapat hukuman atas insidennya dengan Marc Marquez dari Repsol Honda. Ia harus start dari posisi terakhir di MotoGP Valencia.

Rossi, pemuncak klasemen sementara MotoGP, menuntaskan balapan di Sepang dengan berada di posisi tiga. Hasil itu ia raih setelah menjalani persaingan super sengit dengan Marquez.

Pada putaran tujuh balapan, Minggu (25/10/2015), sengitnya persaingan kedua rider itu bahkan membuat Marquez terjatuh dan pada akhirnya tak bisa melanjutkan balapan. Insiden itu kemudian diselidiki Race Direction.

Pada prosesnya Race Direction kemudian memberikan pengumuman. Dalam pernyataan yang dikabarkan akun Twitter resmi MotoGP tersebut, Race Direction mengganjar tiga poin penalti untuk Rossi.

Sistem poin penalti itu sendiri dipergunakan MotoGP sebagai jawaban untuk mengantisipasi kelakuan negatif pebalap, semisal membahayakan rider lain. Jumlah poin penalti berkisar antara satu sampai sepuluh, dengan sanksi diterapkan pada batas tertentu.

Setiap pebalap yang mencapai empat poin penalti akan mengawali balapan berikutnya dari posisi paling belakang. Itulah hukuman yang diterima Rossi, mengingat sebelumnya musim ini ia juga sudah mendapat satu poin penalti di kualifikasi MotoGP San Marino lalu, akibat dinilai menghambat laju Jorge Lorenzo, rekan setim sekaligus pesaing tunggalnya di kejuaraan saat ini.

Artinya, dengan kata lain, hukuman untuk Rossi ini lebih merupakan akumulasi dari poin-poin hukuman kepadanya–yang membuat Rossi lantas harus start dari posisi terakhir di balapan berikutnya karena sudah mengumpulkan empat poin penalti pada musim ini–dan bukannya berupa pemotongan poin Rossi yang sekarang berjumlah 312 angka.

Keputusan itu sendiri dinyatakan sudah direspons oleh tim Rossi, dengan cara mengajukan naik banding terhadap hukuman tersebut.

MotoGP Valencia, yang dihelat dua pekan mendatang, menjadi balapan pamungkas musim 2015. Rossi untuk sementara memuncaki klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari Lorenzo.

Sumber: detikSport

 

Related posts