Terowongan Geurutee Segera Dibangun, Ini Tahapannya

Terowongan Geurutee Segera Dibangun, Ini Tahapannya
Ilustrasi. foto lintasgayo.co

Banda Aceh (kanalaceh.com) – Tahapan pembangunan terowongan Geurutee, Aceh Jaya, kini mulai terealisasi.

Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bappeda Aceh, Muhammad Fadhil menjelaskan, sebelum pembangunan fisik dilaksanakan, ada beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi yaitu pelaksanaan Pra FS (Feasibility Study/Studi Kelayakan), FS (Studi Kelayakan), AMDAL dan DED (Detail Engineering Design).

“Proyek terowongan Geurutee sudah dilakukan pelelangan Pra FS oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Pra FS merupakan tahap awal dari tahapan-tahapan lainnya. Pemerintah Pusat tampak serius dengan proyek ini,” kata Fadhil, seperti dilansir Tabloid Tabangun Aceh, beberapa waktu lalu.

Tahapan ini, sebut Fadhil, diperoleh dari Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Didampingi Staf Perencana Infrastruktur Bappeda Aceh, Heldo Martha, M.Sc, Muhammmad Fadhil menjelaskan, Pra FS ini dimaksudkan untuk menentukan trase (lokasi yang tepat untuk dibangun), yaitu melalui pengkajian fisik wilayah.

“Pengkajian itu dilaksanakan dari dua sisi, baik dari sisi berbatasan Aceh Besar dengan Aceh Jaya dan sisi Aceh Jaya yaitu sekitar wilayah Lamno. Hasil Pra Fs ini sangat menentukan jadi atau tidaknya pembangunan terowongan tersebut dilaksanakan,” sambungnya.

Heldo Martha menambahkan, pengkajian Pra FS ini melibatkan beberapa pakar seperti ahli geologi, geoteknik, jalan raya, geodesi dan beberapa ahli lainnya yang relevan.

“Kita berharap hasil Pra FS ini positif, sehingga terowongan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan keinginan masyarakat Aceh, terutama masyarakat Barat Selatan,” kata Heldo Martha optimis. []

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan