Terserang Flu? Sebab dan Cara Mengatasinya

Terserang Flu? Sebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi, Foto: Thinkstock

Kanal Aceh.com – Kasus influenza makin sering dijumpai bila memasuki musim pancaroba. Pergantian musim ini akan menyebabkan kondisi daya tahan tubuh menurun sehingga lebih rentan untuk terkena penyakit. Namun pergantian musim bukan faktor utama seseorang terkena flu.

“Banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan seseorang menderita flu. Seperti mengonsumi makanan yang tidak baik, stres, atau tertular oleh orang lain,” ujar dr Phaidon L Toruan, MM, di sela-sela acara BRAND’S Health Seminar di Annex Building , Komplek Wisma Nusantara, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015).

Flu muncul saat tubuh tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya virus yang berada di dalam tubuh melakukan manifestasi sehingga menyebabkan daya tubuh menjadi lemah. Daya tubuh yang lemah membuat Anda mudah terkena penyakit, termasuk penyakit flu.

Agar terhindar dari penyakit flu sangat disarankan untuk menjaga kekebalan tubuh, menerapkan gaya hidup sehat, hidup bersih, mencuci tangan, menggunakan masker apabila ada orang di sekitar anda terkena flu, dan melakukan imunisasi sebagai pencegahan. Saat terjangkit flu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sup ayam.

“Protein pada sup ayam sangat membantu mempercepat proses pemulihan pada tubuh saat sakit flu,” lanjut dr Phaidon.

Selain dapat membantu proses pemulihan bagi penderita flu, sup ayam juga memiliki khasiat untuk memulihkan stamina dan kekebalan tubuh karena memiliki kolagen protein, niacin, vitamin B6 dan fosfor. Bawang putih dan beberapa sayuran yang merupakan bahan tambahan sup ayam juga sangat berguna untuk mencegah peradangan.

Sumber: detik.com

Komentar Facebook
Ads