Warga Gampong Jawa Akan Segera Menikmati Gas Metan

Warga Gampong Jawa Akan Segera Menikmati Gas Metan

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Pemasangan instalasi penangkapan biogas metan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa sudah masuk tahap akhir, kemungkinan besar 60 rumah warga di Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh itu, hampir bisa menikmati gas yang diberikan gratis.

Hasil pantauan di TPA Gampong Jawa, Kamis (5/11), sebanyak 18 batang pipa penangkap gas metan yang ditegakkan dengan kedalaman sekitar enam meter dari atas gunungan sampah itu, sudah rampung terpasang. Kemudian di dalam tumpukan sampah besar tersebut juga dipasang sekitar 150 batang pipa secara horizontal, yang sambungkan dengan pipa penangkapan gas.

Kepala Pengelola Unit Instalasi ITF Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh, Yusnan ST menyatakan, pemasangan pipas gas ini sudah memasuki tahap akhir. Pemasangan instalasi penangkap gas yang di atas TPA sudah selesai.

“Mungkin kita mau ujicoba ke penampungannya di Intermediate Treatment Facility (ITF),” kata Yusnan, kepada wartawan saat berada di lokasi TPA, kemarin.

Setelah dilakukan pengujian di tempat penampungan gas di ITF, kemudian baru disalurkan ke-60 rumah warga di Gampong Jawa. Namun, di perkampungan itu akan dibuat sebuah tandon (tempat penampungan gas metan) sebelum disalurkan ke rumah warga.

Apalagi saat ini, pemasangan pipa ke perkampungan itu, juga hampir selesai dikerjakan. Kalau dalam dua hari ini selesai dikerjakan di ITF yang berada di kawasan TPA tersebut, pihaknya langsung menyuplai gas metan itu ke rumah warga. “Mudah-mudahan November selesai dikerjakan, dan Desember nanti warga sudah bisa menggunakan gas tersebut,”pungkasnya.(Teuku Irawan)

Komentar Facebook
Ads