Puluhan Brimob Polda Aceh amankan Lapas Lambaro

Lapas Lambaro

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM): Puluhan personil Brimob dari Polda Aceh, diturunkan guna mengamankan Lapas kelas IIA, Lambaro, Aceh Besar. Diturunkannya Brimob tersebut untuk mengantisipasi akibat mengamuknya ratusan penghuni Lapas.

Dari pantauan dilapangan, sempat muncul asap dari dalam lokasi Lapas, hal ini dikarenakan para napi membakar sejumlah fasilitas yang ada.

Diduga, mengamuknya para penghuni Lapas ini, dikarenakan sudah sejak tiga hari tidak tersedia pasokan air kedalam Lapas, dan akibatnya, para penghuni lapas mulai mengamuk usai menjelang magrib, mereka melempar batu ke arah luar lapas, kemudian petugas lapas langsung menghubungi kepolisian, tidak lama kemudian pasukan pengamanan tiba beserta pejabat lapas dan Kakanwil Kemenkum Ham wilayah Aceh dan dengan segera menenangkan warga lapas.

Personil kepolisian yang terdiri dari brimob mendampingi petugas lapas  dan Kakanwil langsung masuk ke dalam dan bernegosiasi dengan warga lapas. Warga Lapas meminta air bersih segera disuplai ke dalam, dan meminta kalapas dicopot. Kemudian kakanwil Suwandi SH, langsung memerintahkan pihak lapas untuk langsung mendatangkan dua unit  truk tangki air bersih.

Sedangkan tuntutan warga lapas terhadap pencopotan kalapas Lambaro, Kakanwil akan mempertimbangkan. Hingga berita ini diturunkan, kondisi lapas Lambaro sudah aman kondusif. Namun polisi masih berjaga-berjaga untuk mengantisipasi kerusuhan lagi.

Menurut informasi yang berkembang, warga lapas Lambaro mengamuk dipicu karena Kalapas yang baru ini memberlakukan ketentuan yang sangat ketat, sehingga warga lapas tidak bisa terlalu bebas seperti sebelumnya. [Adam]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan