Anggota DPRA: Enam Daerah Sudah Layak Dimekarkan

Anggota DPRA: Enam Daerah Sudah Layak Dimekarkan

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Bardan Sahidi menyatakan, sudah layak 6 (enam) daerah di provinsi Aceh dimekarkan menjadi kabupaten/kota.

Dikatakan, dari enam daerah di Aceh yang ingin pemekaran, sudah tiga yang menghadap ke DPR Aceh masing-masing Simeulu Barat, Aceh Raya dan Aceh Selatan Jaya.

“Dari enam yang sudah muncul dalam catatan saya, tiga daerah sudah lengkap berkasnya,”ujar Bardan, kepada wartawan, Rabu (11/11) di Banda Aceh.

Sementara tiga daerah lainnya, Perlak Raya, Matang Geulumpang Dua, dan Takengon disampaikan melalui petisi maupun aspirasi masyarakat yang disampaikan ke dewan.

Dikatakan, ada beberapa alasan daerah-daerah ini ingin memisahkan diri, yaitu pertama percepatan pembangunan dan rentang kendali yang terlalu jauh, kedua, untuk optimalisasi penerimaan dan pendapatan daerah.

Kami dari Komisi I DPRA memberikan dukungan atas pemekaran sejumlah wilayah di Aceh. Kami tidak mencari keuntungan dari pemakaran ini, itu murni kepentingan masyarakat di daerah tersebut.

Sementara itu, Anggota DPD RI asal Aceh Ghazali Abbas Adan meminta agar dicari tau terlebih dahulu apa penyebab banyak daerah meminta pemekaran.

Ghazali mengingatkan umumnya daerah yang meminta pemekaran dikarenakan ketidakadilan, persoalan komunikasi politik serta keterlibatan dalam membangun Aceh.

Oleh karena itu, Ghazali meminta agar pemimpin di Aceh untuk sering melakukan silaturrahmi dan komunikasi dengan seluruh daerah, jangan berfokus pada daerah tertentu saja.

Ghazali mengakui sangat menghargai usulan-usulan pemekaran tersebut sebagai hak demokrasi masyarakat, namun demikian alasan-alasan untuk pemekaran harus difasilitasi terlebih dahulu.

Munculnya usulan pemekaran kabupaten dan kota seperti Aceh Raya dan Aceh Rayeuk yang ingin memisahkan diri dari Aceh Besar, kemudian Peurlak Raya yang ingin pisah dari Aceh Timur, Simeulu Barat ingin pisah dari induknya Simeulu, Matang Geulumpang Dua ingin pisah dari Bireun, Aceh Selatan Jaya ingin pisah dari Aceh Selatan, dan Takengon ingin memisahkan dari Aceh Tengah.(T IRAWAN)

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan