Ini Manfaat Banyak Konsumsi Ikan

UTU bahas potensi kelautan dan perikanan Aceh
Ilustrasi foto

Banda Aceh – Masyarakat diharapkan harus bisa meningkatkan konsumsi ikan tiap hari, karena pada hewan yang hidup di air itu, banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya, terutama protein.

Ajakan itu disampaikan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (BEM FKP), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati 21 November.

Sementara mahasiswa yang memperingati Harkannas, di kawasan Amat Rhangmanyang, Krueng Raya, Aceh Besar, Minggu (22/11), bersama dengan klub selam Ocean Diving Club (ODC) FKP Unsyiah, selain memberikan pemahaman tentang pentingnya hari ikan, bagi 30 peserta mahasiswa, serta masyarakat, juga ada kegiatan pembagian stiker tentang Harkannas, renang ceria dan bersih pantai.

“Ini merupakan tahun kedua, pasti banyak kalangan yang ingin berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut,” kata Koordinator pelaksana Fajar Oza Pratama, kepada wartawan, Senin (23/11).

Apalagi, kata Oza, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 2/3 wilayahnya lautan. Sehingga banyak sekali kekayaan alam dimiliki oleh bangsa ini, seperti di dalam laut, yang ditembukan beragam makhluk hidup. “Dan itu bisa dikonsumsi sehari-hari,” jelasnya.

Dengan berbagai jenis ikan, serta berjuta-juta jumlanya, itu bisa dikelola dengan baik. Kemudian bisa mempertimbangkan amanah dalam Undang-Undang Nomor 31/2004, serta Undang-Undang Nomor 45/2009, Tentang Perikanan dan Undang-Undang Nomor 18/2012 Tentang Pangan.

“Ini bisa diusulkan untuk menetapkan setiap 21 November ditetapkan sebagai Hari Ikan Nasional, yang bertujuan untuk menghimbau kepada seluruuh masyarakat, guna meningkatkan konsumsi ikan, karena ikan sangat banyak mengandung protein,” jelasnya.

Mahasiswa berharap, dengan adanya kegiatan seperti itu, bisa memberikan pemahaman kepada mahasiswa, pentingnya mengkonsumsi ikan, karena banyak manfaatnya.

“Apalagi kita sebagai mahasiswa kelautan dan perikanan, lebih peduli terhadap hasil tangkapan ikan dan mensosialisasikan kepada orang lain,” katanya.[]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan