Gubernur Sidak Lampulo

Gubernur Sidak Lampulo

Banda Aceh – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, jelang siang tadi, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke TPI Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, Kamis (26/11).

Sidak ini dilakukan untuk meninjau kesiapan Pelabuhan Lampulo sebagai lokasi utama pelaksanaan Puncak Peringatan Hari Nusantara, yang digelar 13 Desember mendatang.

Mengenakan kemeja batik kombinasi merah, Gubernur tiba sekitar pukul 10.13 WIB, didampingi Kadis Bina Marga, Ir. Rizal Aswandi, Kepala Bainprom, Ir Anwar Muhammad, Ka.BPBA Said Rasul dan Kadis Sosial Al-Hudri.

Gubernur mengaku, banyak komponen pembangunan fisik yang sudah usai dikerjakan, secara umum, sebutnya, realisasinya sudah mencapai 80%. Meskipun demikian, Gubernur meminta instansi terkait dan pihak rekanan agar terus memacu pembangunan berbagai fasilitas lainnya, termasuk Mushalla, ketersediaan air bersih, penghijauan dan kebutuhan energi listrik.“Minus 3 hari H, lokasinya harus sudah ready,”tukas Zaini, mengintruksikan panitia, usai meninjau selokan dan Mushalla di di lingkungan TPI.

Khusus penghijauan, Pria yang akrab disapa Doto Zaini ini, juga meminta panitia agar rutin menyiram dan memelihara agar tumbuh bagus dan tertata rapi.“Tolong ini diperhatikan dengan serius, sehingga kawasan ini tertata rapi, sejuk dan dipenuhi suasana hijau,” terang Gubernur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir. Diauddin, melaporkan, saat ini, Panitia terus mengejar persiapan pembangunan fasilitas di pelabuhan perikanan Lampulo. Pihaknya juga rutin melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam kegiatan Peringatan Hari Nusantara nanti.

“Untuk areal dan lokasi pasar rakyat, Pihak renanan akan melakukan penaburan kerikil secepatnya. Target kita tanggal 30 November fasilitas di lokasi utama sudah selesai karena tanggal 1 Desember datang Tim dari Kementerian, meninjau lokasi pelabuhan,” jelas Diauddin.

Peringatan Hari Nusantara Indonesia 2015 pada 13 Desember 2015 dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Lampulo.Puncak Peringatan akan dihadiri Presiden Jokowi, 33 Gubernur se-Indonesia dan 13 Kementerian. Kegiatan nasional ini akan dimeriahkan dengan parade kapal, dan aneka atraksi lainnya. Peringatan Hari Nusantara merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati “Deklarasi Juanda.” []

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan