Kementerian ESDM dan BPH Migas Adakan Donor Darah di Banda Aceh

BANDA ACEH (KANAL ACEH.COM) –  Dalam rangka memperingati Hari Nusantara Indonesia yang diadakan pada 13 Desember 2015 di Banda Aceh, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengadakan kegiatan donor darah, pada 6-7 Desember 2015.

Kementrian ESDM dan BPH Migas menargetkan donor darah ini sebanyak 1.000 kantong darah, yang dibagi menjadi dua tempat, masing-masing 500 kantong darah di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh dan 500 kantong darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) kota Banda Aceh.

Kepala Instalansi Transfusi Darah (ITD) RSUZA, dr. Dian Adi Syahputra mengatakan, darah yang sudah terkumpul di RSUZA hingga penutupan pukul 16.00 WIB, sebanyak 400 kantong darah.

“Hingga hari kedua, total pengumpulan sebanyak 400 kantong darah dari 507 pendaftar,” kata dr. Dian kepada kanalaceh.com, Senin (7/12).

107 pendaftar lainnya, kata dr. Dian, tidak bisa mendonor karena tidak memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Syarat tersebut, antara lain, faktor berat badan, usia, dan tekanan darah, serta dari faktor Hemoglobin (Hb).

Nantinya, lanjut dr. Dian, 400 kantong darah itu akan digunakan untuk seluruh pasien RSUZA yang membutuhkan dan diberikan secara gratis.

Secara terpisah, penanggung jawab donor darah dari PMI kota Banda Aceh, Zulfahmi mengakui selama dua hari mendapatkan 239 kantong darah. Sebanyak 87 kantong darah didapatkan di hari pertama, dan 152 kantong darah di hari kedua.

“Dari jumlah angka yang ditargetkan, paling minimal mendapatkan 50 persen, berarti itu sudah mencapai target. Rata-rata memang seperti itu, banyak pendaftar tetapi tidak bisa mendonor, karena tidak memenuhi syarat,” kata Zulfahmi.

Kegiatan donor darah ini juga diadakan doorprize bagi para pendonor, berupa kulkas, televisi, sepeda sport, kompor gas, dan ricecooker.

Untuk diketahui, puncak peringatan Hari Nusantara Indonesia dipastikan akan dihadiri oleh Presiden Indonesia, Jokowi yang berpusat di pelabuhan ikan Lampulo, Banda Aceh, Minggu (13/12) pagi. [Aidil Saputra]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan