Bank BTPN Banda Aceh perkenalkan program laku pandai

ilustrasi. FOTO : www.btpn.com

Banda Aceh – PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) memperkenalkan program Laku Pandai di MC Coffee, Banda Aceh, Selasa (8/12). Kegiatan yang bertemakan “Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua” ini dilakukan PT BTPN bekerjasama dengan Koran Sindo. Laku Pandai adalah program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akhir Maret 2015.

Program Laku Pandai diharapkan dapat meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat menengah bawah, namun di saat yang sama akan menurunkan beban operasional bank karena tidak perlu membangun infrastruktur berupa kantor cabang. Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Dalam menjalankan program, pihak BTPN menunjuk perbankan sebagai agen di berbagai daerah. Agen memiliki posisi penting sebagai perpanjangan tangan perbankan kepada nasabah.

Agen nantinya dapat ditemui seperti agen penjualan pulsa yang jangkauannya lebih menyebar luas hingga daerah terpencil. Fokus BTPN adalah menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, diyakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini,” ucap Reza Rizal.

Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN mengagas BTPN Wow! yaitu layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam, dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

BTPN Wow! sendiri lahir dari proses panjang, yang diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas Bank Indonesia pada 2013.

“Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah,” ujar Sales Management Head BTPN Wow! Moh Reza Rizal.

Teknologi yang digunakan, kata Reza Rizal, juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yaitu menggunakan USSD atau Unstructured Supplementary Services Data.

Teknologi ini memungkinkan segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum.

“Target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa,” lanjut Reza Rizal

Dengan dukungan semua pihak, harap Reza Rizal, Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia. [Aidil Saputra]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan