Gubernur Aceh Minta Pusat Bantu Pengembangan KUTA

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah menyampaikan sambutan pada kegiatan puncak Hari Nusantara di Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh, Minggu 13 Desember 2015. FOTO : Humas Setda Aceh

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah meminta dukungan dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan potensi ekonomi sektor maritim di Aceh melalui program strategis, Kawasan Unggulan Terpadu Aceh Maritim (KUTA MARITIM).

“Dengan wilayah laut mencapai 295.370 km² dengan panjang garis pantai berkisar 2.666 km dan berdekatan dengan jalur laut internasional, potensi ekonomi berbasis maritim yang dimiliki Aceh sangat besar,” kata dr. Zaini Abdullah saat memberikan sambutan pada acara puncak peringatan Hari Nusantara yang berlansung di  Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, Banda Aceh, Minggu (13/12)..

Menurut Gubernur, dalam mendorong agar ekonomi di sektor maritim Aceh dapat berkembang dengan lebih baik, pihaknya telah melakukan beberapa aksi nyata dalam pembangunan program KUTA MARITIM.

Pemerintah Aceh menurut Gubernur telah melakukan beberapa upaya dalam untuk melengkapi melengkapi pembangunan KUTA MARITIM seperti yang ada di kawasan pelabuhan perikanan Lampulo dengan berbagai fasilitas pokok.

baca juga (Buka Acara KPA, Doto Zaini Ajak Gali Bahasa Lokal)

“Namun ada beberapa program yang masih memerlukan dukungan dari Pemerintah Pusat menjadikan KUTA MARITIM ini sebagai sebuah kawasan perikanan yang dapat meningkatkan perokomian masyarakat berbasis maritim” ujarnya.

Program yang dimaksud adalah pembangunan lanjutan breakwater sepanjang 520 meter, pengerukan kolam pelabuhan sebanyak 500.000 m3, penambahan panjang dermaga sepanjang 100 meter, pembangunan jembatan dari Gampong Jawa ke Lampulo dan  pembangunan berbagai teknologi untuk memperkuat sektor industri dan jasa maritim di wilayah ini dengan standar internasional.

“Sangat menyayangkan jika potensi besar di sektor kelautan yang kita miliki ini tidak dapat dioptimalkan untuk pembangunan Aceh. Dalam hal ini, kami mohon perkenan Bapak Wakil Presiden, dapat mendukung upaya dan program yang sedang kami jalankan ini,” kata Gubernur. [Saky]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan