Geliat Hutan Cantik Ditengah Hiruk Pikuk Kota Banda Aceh

Geliat Hutan Cantik Ditengah Hiruk Pikuk Kota Banda Aceh
Tugu Mini “Hutan Kota BNI Banda Aceh”.

BANDA ACEH (KANALACEH.COM)- Berakhir pekan tidak selalu harus ke tempat mahal atau ke pusat-pusat perbelanjaan. Sesekali, cobalah Anda datang ke taman-taman kota yang ada di Banda Aceh. Salah satunya adalah Hutan Kota BNI Banda Aceh.

Hutan cantik ini berada di kawasan Desa Tibang Kecamatan Syiah Kuala, atau berjarak 6 km dari pusat kota, Banda Aceh. Miniatur Hutan Hujan Tropis itu juga tak jauh (lokasinya) dari tempat wisata, Alue Naga. Ya, sangat mudah dicapai bagi Anda yang ingin mencari suasana nyaman ditengah hiruk pikuk Tanah Rencong.

Berbeda dengan Hutan lainnya, Hutan Kota BNI Banda Aceh ini benar-benar sarana rekreasi plus olahraga sekaligus tempat rehat. Sering juga digunakan oleh para siswa/mahasiswa sebagai sarana pendidikan, khususnya yang berkenaan dengan lingkungan hidup.

Minggu (13/12/2015) pagi, kanalaceh.com mencoba berkunjung ke Hutan Kota Banda Aceh. Berjalan melewati jembatan besi ala Eropa, pengunjung langsung disambut dengan sebuah tugu mini yang bertuliskan “Hutan Kota BNI Banda Aceh”. Dibagian lantai sebelah kiri tugu itu, tertera arah mata angin dengan tanda panah yang menunjukkan jarak daerah tertentu.

Geliat Hutan Cantik Ditengah Hiruk Pikuk Kota Banda Aceh

Di jalur pejalan kaki, terlihat banyak warga yang sedang berolahraga seperti lari atau jalan santai sambil berselfi ria. “Kami refreshing sehat Bang, sambil mencari inspirasi,” ucap seorang pengunjung, Fahmi, yang disambut tawa lepas tiga kawannya.

Jika Anda berada di kawasan itu, sejuknya suasana sungguh terasa. ‘dipadu’ pula dengan aneka corak bunga dan tanaman hias. Pengunjung juga dimanjakan dengan objek-objek menarik seperti Ramp Canopy Trail alias Jembatan Tajuk Pohon, Jembatan Atas Bakau (Magrove Boardwalk), Area pembibitan.

Kolam Teratai dan Jembatan Tajuk yang menanjak, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dan satu lagi, disana tersedia berbagai fasilitas mainan seperti jungkat-jangkit dan ayunan. “Kami sering kemari bang, menyusuri jembatan tuk melepas penat dan menikmati alam,” imbuh pria ramah itu.

Di areal Hutan Kota BNI Banda Aceh, juga ada Taman Tematik, yaitu Taman bertema herbal yang isinya beragam tanaman herbal. Ada taman bunga dan taman walikota nusantara. Taman nusantara ini terdapat 99 jenis tanaman yang berasal dari 99 wilayah di Indonesia. Ke 99 jenis tanaman itu ditanam oleh para walikota, pada acara Apeksi di Banda Aceh 2011 silam.

Konsep Green City
Layaknya Oase. Hutan Kota BNI yang luasnya 7,15 Ha ini dibangun pada tahun 2011, atas prakasa (alm) Ir. Mawardy Nurdin selaku walikota Banda Aceh melalui kerja sama Pemerintah Kota Banda Aceh, Bank Nasional Indonesia (BNI), Yayasan Bustanussalatin dan Masyarakat Tibang. Dulunya, kawasan tersebut adalah rawa-rawa.

Ratusan jenis pepohonan telah ditanami disana, termasuk tanaman buah dan tanaman langka. Maka tak heran jikalau banyak burung dara berseliweran di Hutan nan rindang itu. [*]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan