Pantai Timur Aceh Gelap Gulita

Pantai Timur Aceh Gelap Gulita
IIustrsi Gambar

BANDA ACEH (Kanal Aceh): Padamnya arus listrik pada Minggu (17/1), menyebabkan hampir seluruh wilayah di provinsi Aceh gelap gulita. Pemadaman sendiri terjadi saat memasuki waktu sholat magrib.

Deputi hukum dan komunikasi PT PLN (Persero) wilayah Aceh, Said Mukkaram, Minggu (17/1), menerangkan, padamnya listrik di wilayah ini akibat terbakarnya kabel konduktor di kawasan Belawan dan Binjai, yang kemudian menyebabkan suplai arus ke wilayah ini terhenti.

Kondisi gelap gulita ini, sebut Said, hanya terjadi di sepanjang kawasan lintas timur, yan suplai listriknya dari Sumut, dan sementara untuk wilayah tengah dan barat selatan Aceh, tidak ada pemadaman.

Terbakarnya kabel konduktor 150 kV di wilayah Sumut tersebut, sambung Said, terjadi akibat adanya kebakaran di salah satu kilang kayu yang bernama PT Cipta Rimba. “Kabel konduktor 150 kV tersebut, letaknya persis didekat kilang kayu itu, jadi ikut serta terbakar,” jelasnya.

Jadi, terang Said, pemadaman ini bukan karena adanya defisit arus, tapi benar-benar murni kecelakaan. Sebab dari terbakarnya kabel 150 kV tersebut, menyebabkan seluruh gardu induk (GI) tidak berfungsi, sebab tidak ada suplai listrik.

Saat ini, jelas Said, pihak PT PLN tengah mengupayakan perbaikan kabel tersebut, dan dikarenakan kondisinya sedang emerjensi, Ia meminta kepada semua pihak untuk bersabar, sebab, tim teknis sedang menyelesaikan pergantian kabel yang terbakar tersebut.

“Mohon kesabarannya yah, dan atas musibah ini kami juga minta maaf,” jelasnya.

Saat ditanyakan sampai kapan pemadaman ini akan berlangsung, Said belum dapat memastikan, namun pihaknya terus berupaya untuk menyelesaikan persoalan ini.

Jadi begini, sebut Said, inikan kondisinya ada pabrik terbakar, nah kabel PLN itu posisinya dekat pabrik tersebut, karena itu untuk memperbaikinya, kita tunggu dulu sampai api padam di lokasi terbakarnya pabrik itu, nah setelah api padam, kita juga harus menunggu sampai tiang tower dingin, baru kemudian teknisi bisa memanjat tiang tower untuk melakukan perbaikan.

“Ya kalau kita hitung waktu diperkirakan 2 atau 3 jam untuk proses perbaikan,” tandasnya.

Related posts