Kini pasien RSU Meuraxa Banda Aceh bisa mendaftar lewat online

Dirut RSU Meuraxa, dr Syahrul saat memberikan sambutan pada peluncuran aplikasi berbasis IT di ruang rawat intensif terpadu RSU Meuraxa, Kamis (18/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Direktur Utama Rumah Sakit Umum (RSU) Meuraxa di Banda Aceh, dr. Syahrul mengungkapkan aplikasi pendaftaran pasien online yang dikembangkan pihaknya memberikan banyak kemudahan bagi pasien yang ingin berobat tanpa harus antri dalam mengurus administrasi.

“Karena dengan aplikasi tersebut kita diberi kemudahan, dimana pasien bisa memilih tanggal berobat, jam, dokter hingga bisa memilih ruang inap,” kata Syahrul saat memberikan sambutan pada peluncuran aplikasi berbasis IT yang diresmikan oleh Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal di ruang rawat intensif terpadu RSU Meuraxa, Kamis (18/8).

“Dengan aplikasi ini, pasien bisa mendaftar dari rumah karena aplikasi ini bisa diakses dari telepon selurer (handphone) dan perangkat seperti laptop. Kalau harus dirawat, pasien bahkan bisa memilih kamar untuk rawat inap karena juga tersedia informasi kamar yang mana yang sedang kosong,” sambungnya.

Menurutnya, pasien hanya perlu mengisi data yang sesuai dengan data yang dimiliki BPJS, kemudian mengirim foto KTP, foto KK, foto kartu BPJS dan foto surat rujukan dengan cara mengklik pilihan yang tersedia di aplikasi. Setelah itu petugas akan melakukan konfirmasi dan memberikan pilihan hari, jam dan dokter yang diinginkan pasien sesuai dengan penyakit yang diderita.

“Ketika besoknya datang ke rumah sakit untuk berobat, pasien bisa langsung menuju ke poly karena proses verifikasi sudah dilakukan secara online kemarinnya. Selama ini yang membuat lama itu kan verifikasinya, BPJS kan harus teliti apa rujukannya masih berlaku, kartu BPJS-nya apa asli. Kan itu, kalau BPJS bisa selangkah tekhnologinya lebih maju kan bisa lebih cepat lagi,” imbuhnya.

Lanjutnya, link dari website untuk pendaftaran pasien online akan diumumkan hari ini, Jum’at (19/8) kepada masyarakat luas. [Fahzian Aldevan]

Related posts