Saiful Martha dinilai layak gantikan Husein Hamidi sebagai Kapolda Aceh

Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi yang akan memasuki purna bakti September 2016 mendatang. (Kanal Aceh/Dani)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – salah seorang tokoh masyarakat Aceh, Marzuki M. Amin berharap agar jabatan Kapolda Aceh diisi oleh putra terbaik Aceh untuk menggantikan Irjen Pol Husein Hamidi yang akan memasuki purna bakti September 2016 mendatang.

Sebab, kata Marzuki, dari sederet nama jenderal polisi kandidat pengganti Kapolda Aceh, salah satunya muncul nama Irjen Pol Saiful Maltha yang merupakan putra kelahiran Aceh.

Marzuki mengatakan, sebagai putra Aceh dan pernah bertugas di tanah kelahirannya serta mengikuti pendidikan di luar negeri, S Maltha dinilai pantas untuk kembali ke Aceh sebagai Kapolda Aceh.

“Irjen S Maltha merupakan sosok yang sangat cocok menjabat sebagai Kapolda Aceh, dia adalah putra kelahiran Lhokseumawe, Aceh. Beliau mengerti kultur adat dan istiadat Aceh,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh lain, Nurdin. Ia berharap agar S Maltha dapat kembali ke tanah kelahirannya sebagai Kapolda Aceh.

Untuk itu, Nurdin mengharapkan kebijakan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dan persetujuan dari Gubernur Aceh, Zaini Abdullah agar menunjuk S Maltha sebagai Kapolda Aceh yang baru.

“Beliau putra terbaik Aceh, kami sebagai masyarakat Aceh patut merasa bangga dan mendukung Irjen S Maltha sebagai Kapolda Aceh,” terangnya.

Irjen Saiful Maltha lahir di Lhokseumawe pada 1 April 1962 dan mengenyam pendidikan SMA di SMA Negeri 1 Lhokseumawe sebelum mengikuti tes sebagai calon taruna Akademi Militer (Akmil gabungan TNI/Polri).

Ia menyelesaikan pendidikan di Akpol 1985. Lulus Akpol, ia melanjutkan pendidikan kejuruan Bimmas, Intelstrat, Suspa San, Sosial Budaya dan Politik ABRI.

Untuk Asia, S Maltha menyelesaikan kursus Development Course di Taiwan (2000), Investigation of Crim (2007) di Jepang dan 2008 di China.

Di Eropa, dia mengikuti pendidikan Money Laundering di Prancis. Sebelum bertugas sebagai Analisis Jabatan Utama Kamneg-Baintelkam Mabes Polri, Maltha pernah bertugas di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Aceh sebagai Direskrim Polda Aceh dan Sekretariat Jenderal Watanas RI, Jakarta. [Sammy/rel]

Related posts