Topik kesehatan yang paling banyak dicari di Google

Ilustrasi. (Shutterstock)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Internet memang saat ini menjadi tempat bertanya favorit banyak orang saat merasakan gejala penyakit atau mencari jawaban seputar kesehatan.

Walau demikian, kita harus bijaksana dalam mencari informasi seputar penyakit. Menurut penelitian, hanya 34 persen penyakit yang didiagnosis dengan tepat di situs gejala penyakit.

Selain keluhan kesehatan sehari-hari, apa saja yang orang ingin ketahui tentang kesehatan mereka? Menurut Simon Rogers, data editor untuk Google’s News Lab, topik kesehatan terpopuler terutama penyakit dan pola makan.

Berikut adalah topik pencarian terpopuler di Google sepanjang tahun 2015:

– Apakah bronkitis menular?
– Apakah pneumonia menular?
– Berapa banyak air yang harus saya minum?
– Berapa kalori yang harus saya asup?
– Apa itu lupus?
– Seberapa jauh saya? (kehamilan, jarak tempuh lari, dan sebagainya)
– Kapan saya masa subur?
– Apa itu gluten?
– Berapa lama flu sembuh?

Saat ini pencarian kondisi kesehatan di Google memungkinkan kita mengases informasi lebih dari 900 kondisi kesehatan. Situs pencarian raksasa ini juga bekerja sama dengan tim dokter dari Mayo Clinic untuk memeriksa keakuratan informasi kesehatan yang ditampilkan.

Dalam pencarian informasi tersebut, efek samping penyakit flu merupakan yang paling banyak ditanyakan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, seputar kehamilan juga menjadi topik yang banyak dicari.

Di tahun 2015, penyakit flu menempati urutan pertama penyakit yang banyak dicari, sementara di tahun 2014 orang ingin tahu banyak tentang ebola. [Kompas]

Related posts