Empat fitur menarik Android Nougat

Sistem operasi Android N. (Tech Radar)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Google akhirnya merilis sistem operasi Android Nougat 7.0. Untuk awalnya, beberapa model ponsel Google Nexus akan menerima update Over the Air (OTA) sistem operasi Android terbaru itu.

Sebelum menerima nama Nougat, Google hanya memberi nama sandi N pada sistem operasinya itu. Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat ini kemudian membuka polling untuk mencari nama yang tepat. Dan setelah menyeleksi dari ratusan nama yang masuk, terpilihlah nama Nougat.

Yang namanya sistem operasi terbaru, pastinya Android Nougat datang dengan sejumlah perubahan dan pembaruan yang tidak ada pada sistem operasi sebelumnya.

Lalu apa saja yang menjadi highlights dari Android Nougat? Simak empat fitur yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Lebih Produktif

Android Nougat memiliki fitur yang bisa membuat produktivitas penggunanya meningkat. Salah satunya adalah fitur multi-window yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan dengan dua tampilan yang terbelah.

Memang fitur ini bukanlah sesuatu yang baru di jagat smartphone. Sebut saja Samsung yang sudah melakukannya sejak era Galaxy S4 dan beberapa merek ponsel lainnya.

Namun, dengan hadirnya multi-window pada Android Nougat, fitur semacam ini nantinya bisa ditemui di semua merk ponsel Android, tak peduli kelas flagship atau entry level. Menurut informasi, pengguna bisa mengarahkan dan mengatur ukuran jendela masing-masing aplikasi dengan mudah.

Yang kedua ada fitur direct reply. Sesuai namanya, pengguna bisa langsung membalas notifikasi yang muncul tanpa harus membuka aplikasi apapun. Belum diketahui secara pasti bagaimana kinerja fitur ini, mengingat beberapa aplikasi seperti Line atau WhatsApp pun sudah menawarkan fitur serupa.

Selanjutnya yang tak kalah menarik adalah quick switch. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berganti aplikasi yang terakhir dipakai secara cepat. Caranya adalah dengan melakukan double tap pada tombol overview (dua bar).

Membersihkan semua aplikasi yang telah terpakai pun sekarang menjadi lebih mudah. Anda pun tak perlu menghapus satu per satu aplikasi karena sekarang sudah disediakan opsi ‘clear all’. Mungkin fitur ini sudah ada di beberapa model ponsel Android, tapi itu adalah hasil kustomisasi, bukan tersedia di Android aslinya.

Performa Lebih Kuat

Android Nougat fokus pada peningkatan pengalaman grafis dan runtime. Di sistem operasi terbaru ini pengguna akan disodorkan oleh API grafis Vulkan 3D, yang memungkinkan developer membenamkan detail grafis yang lebih bagus.

Tak hanya itu, Vulkan 3D membuat pemrosesan gambar untuk bermain game lebih tajam dan halus.

Android Nougat juga dirancang untuk mendukung penggunaan Google Daydream yang akan dirilis dalam waktu dekat. Daydream adalah platform tunggal yang dibuat Google untuk teknologi virtual reality.

Perubahan dan peningkatan tak hanya terjadi di sektor grafis. JIT Compiler terbaru di Android Nougat disebut mampu meningkatkan runtime perangkat. JIT Compiler anyar ini mampu meningkatkan kecepatan instal aplikasi sebesar 75% dan mengurangi penumpukan ukuran kode sebanyak 50%.

Peningkatan Sekuriti

Keamanan tentu menjadi harga mati bagi sebuah perangkat pintar. Karenanya, Google kini menghadirkan pembaruan terhadap sistem keamanan di Nougat, yang meliputi seamless update, file-based encryption, dan direct boot.

Seamless update maksudnya adalah memungkinkan pengguna Android untuk mengunduh update sistem operasi di background. Dengan kata lain, Anda bisa bebas menggunakan ponsel Anda tanpa harus terganggu dengan proses instalasi update.

Sementara direct boot membantu pengguna untuk menyalakan atau mengaktifkan perangkat lebih cepat. Namun, aplikasi yang berjalan dipastikan akan tetap aman, sehingga Anda masih tetap akan menerima pesan meskipun perangkat Anda masih terkunci.

Terakhir adalah file-based encryption. Fitur ini membuat tingkat keamanan lebih ketat dengan mengisolasi dan melindungi file secara individual di perangkat.

Lebih Personal

Android Nougat membuat penggunanya bebas berekspresi. Salah satunya adalah dengan hadirnya 72 emoji terbaru dari total 1.500 macam emoji.

Google juga menyediakan fitur yang mendukung penggunaan bahasa yang beragam. Sebagai contoh, Android Nougat akan mendeteksi dan menampilkan hasil pencarian dalam beragam bahasa, termasuk bahasa yang Anda pakai.

Android Nougat pun tidak akan berusaha untuk menawarkan terjemahan terhadap bahasa yang Anda pahami. Total ada 100 bahasa baru dan 25 bahasa lokal yang hadir di sistem operasi anyar ini.

Terganggu dengan notifikasi yang banyak? Tenang, karena Android Nougat punya fitur bundled notifications, di mana semua notifikasi dari aplikasi yang sama akan dikumpulkan menjadi satu. Jadi, tak ada lagi berderet notifikasi dari aplikasi yang sama (biasanya ini terjadi pada notifikasi pesan). [Detik]

Related posts