Pasien Puskesmas Tanah Luas Mengeluh Akibat Petugas Medis Sering Telat Masuk

Ilustrasi. (berita center)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Pelayanan di Puskesmas Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, menuai keluhan dari masyarakat. Karena petugas medis maupun dokter yang bertugas di puskesmas itu sering terlambat masuk kerja.

Akibatnya, sejumlah pasien maupun masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan maupun mengambil rujukan di Puksesmas tersebut, terpaksa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menunggu kehadiran petugas medis maupun dokter.

Syarifah salah satu keluarga pasien asal kecamatan Tanah Luas, yang ingin mengambil rujukan untuk keluarganya dari puskesmas ke Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Mutia, mengaku kondisi ini sudah sering terjadi dipuskesmas itu tentang pelayanan kesehatan tidak maksimal.

“Saya bersama pasien lainnya sudah datang ke Puskesmas sekitar jam 08.00 WIB, namun sejumlah ruangan petugas medis maupun dokter masih kosong, sehingga terpaksa harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan,” kata Syarifah, Rabu (17/7).

Kepala Puskesmas Tanah Luas Azmi M. Kes  saat konfirmasi mengaku dokter telat masuk hari ini, karena keperluan lain. Sebelumnya, ia masuk tepat waktu atau sesuai jadwal.

“Kita memiliki seorang dokter, sedangkan lainnya dokter sukarela dalam seminggu masuk selama tiga hari, walaupun demikian pelayaan kesehatan untuk mesyarakat tepat maksimal, kecuali masyarakat yang ambil rujukan, masih ada kendala yaitu koneksi internet yang tidak maksimal,” ucapnya.

Sementara kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara, Khalmidawati saat dikonfirmasi menyebutkan, terkait ada keluhan dari masyarakat tertang terlambatnya masuk dokter sudah disampaikan kepada kepala Puskesmas setempat.

“Kita sudah sampaikan ke Kepala puskesmas untuk membuat teguran tertulis kepada yang bersangkutan, dan kita juga akan upayakan untuk mencari dokter tambahan,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts