Aceh Tuan Rumah HUT TMII

Sukseskan penutupan TMMD, pemuda Dabun Gelang siap tampilkan Tari Saman
Tari Saman.
--Ads--
loading...

Banda Aceh – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah menyetujui ditunjuknya Aceh sebagai Tuan Rumah pada peringatan Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-41 yang akan digelar pada April 2016 mendatang.

Penunjukan Aceh sebagai Tuan Rumah tersebut disampaikan Direktur Umum TMII Bambang Parikesit kepada Gubernur Aceh di Meuligoe Gubernur, (Selasa, 8/9/2015) lalu.

Bambang menjelaskan, keuntungan dari ditunjuknya Aceh sebagai Tuan Rumah adalah penggunaan atribut Aceh pada puncak peringatan HUT TMII. Selain itu, Aceh akan mendapatkan porsi dan waktu pertunjukan budaya lebih besar dibandingkan dengan provinsi lain.

Ads

“Dalam rangkaian acara HUT TMII, seluruh peserta akan mengenakan baju batik motif Aceh. Selain itu, Aceh juga akan mendapatkan waktu pertunjukan budaya paling lama pada malam puncak peringatan, yaitu 40 menit,” terang Bambang.

Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan promosi dan pagelaran budaya.
Gubernur Aceh menyambut baik penunjukan tersebut. Menurutnya, event ini adalah salah satu sarana promosi budaya Aceh, baik ditingkat lokal maupun mancanegara.
Selain Tari Saman, pada event tersebut Aceh juga akan menampilkan berbagai pertunjukan budaya lainnya, seperti Tari Seudati, Rapa’i, Geude-geude (Gulat ala Aceh) dan beberapa kegiatan budaya lainnya.

Peringatan HUT TMII ke-41 akan mengangkat tema, ‘Dari Aceh untuk Indonesia’. Gubernur berharap dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan kearifan lokal Aceh dalam hal mitigasi bencana tsunami, yaitu Smong. “Ini adalah kearifan lokal masyarakat Simeulue dalam menghadapi bencana tsunami. Smong sangat penting disosialisasikan bukan hanya kepada masyarakat Aceh tetapi juga kepada masyarakat Indonesia dan dunia dalam rangka memberikan pendidikan dasar terkait mitigasi bencana secara luas,” terang Zaini Abdullah. [rel]

Ads