Ini Alasan Final Piala Presiden Tetap Digelar di Jakarta

by Redaksi | Kanal Aceh
  • Pemilihan Jakarta sebagai venue sempat menimbulkan polemik.

Jakarta – Final Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung versus Sriwijaya FC akhirnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Penunjukkan Jakarta sebagai venue final Piala Presiden sebelumnya sempat menimbulkan polemik. Beberapa pihak khawatir akan terjadi kericuhan di partai puncak karena kehadiran dari Bobotoh.

Selama ini, Bobotoh memang dikenal tak akur dengan suporter Persija Jakarta, The Jakmania. Saat keduanya bertemu, tak jarang gesekan antarsuporter terjadi.

Situasi tersebut sebenarnya disadari oleh CEO Mahaka Sports and Entertainment Hasani Abdulgani. Saat bernegosiasi dengan pihak kepolisian, Hasani sempat menyatakan siap mengganti venue final Piala Presiden andai tak mendapatkan izin.

“(Final di Jakarta) ini kan menyusahkan Polda Metro Jaya. Waktu itu, saya minta izin dan jika Kapolda keberatan, saya siap mundur. Tapi beliau malah marah dan bilang welcome jika bermain di Jakarta,” kata Hasani.

“Kapolda menyatakan siap menerima siapa pun. Dengan itu, kami pun yakin Jakarta akan menjadi tempat final. Dan jika semua lancar, ini justru akan menjadi babak baru bagi sepakbola Indonesia. Tak ada lagi bicara tentang kerusuhan,” lanjutnya.

Kapolda Metro Jaya Tito Karnavian berani mengeluarkan izin digelarnya final di Jakarta, karena akan mendapat bantuan dari berbagai pihak. Polda Jawa Barat dan Sumatera Selatan diketahui siap membantu Polda Metro Jaya dalam mengamankan pertandingan final yang digelar Minggu 18 Oktober 2015 nanti.

“Ini kan bakal menghadirkan massa dalam jumlah yang cukup besar. Untuk itu, Kapolri memerintahkan pembagian tugas.” kata Tito.

Alasan lain digelarnya final di Jakarta adalah kehadiran Presiden Joko Widodo. Ketua Steering Committee Piala Presiden Maruarar Sirait menyatakan, Jokowi dipastikan hadir andai final digelar di Jakarta.

“Ini kan namanya Piala Presiden jadi wajar jika digelar di Jakarta. Kami pun terus berkomunikasi dengan Presiden, dan beliau pun akan hadir,” tutur Maruarar.

Sumber: VIVA.co.id

You may also like