JK Turun ke Sawah

Turun ke Sawah, JK Jadi Petani Dadakan di Ogan Ilir foto Wapres JK dan Mentan Amran turun ke sawah di Ogan Ilir (Lani-detikFinance)

Ogan Ilir – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), pada pagi ini menjadi petani dadakan di Desa Palu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (17/10/2015).

Usai memberi sambutan dalam acara tanam serentak dan memperingati hari pangan sedunia, JK langsung menuju ke lahan sawah. Tanpa dikomando, JK langsung melepas sepatu beserta kaos kaki, lalu berganti menggunakan sepatu boot berwarna hijau tua. Tidak hanya itu, JK juga menggulung baju batik lengan panjang.

Layaknya seorang petani, JK beraksi mengoperasikan alat tanam padi modern atau transplanter. Di belakang kemudi, JK menekan tuas dan mesin langsung menyala. Alat berjalan perlahan dan JK nampak hampir hilang keseimbangan.

Untungnya, JK yang didampingi oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan beberapa petugas sigap menangkap JK dari belakang.

Transplanter merupakan alat menanam bibit padi secara otomatis. Bibit padi setinggi 10 centimeter (cm) ditata di atas alat, kemudian transplanter siap menanam bibit padi dengan skeman jarak ‘jajar legowo’.

Jajar legowo merupakan teknik menanam padi dengan memperhitungkan jarak tanam. Dengan alat ini, bibit padi tidak lagi ditanam sembarangan namun jumlah, kedalaman, dan kondisi penanaman bisa seragam. Manfaatnya, padi bisa tumbuh lebih baik dengan teknik ini.

Biasanya, pekerjaan menanam bibit secara manula dilakukan oleh 4-5 orang petani dalam tiap petaknya. Butuh waktu sehari penuh untuk menyelesaikan penanaman bibit. Sedangkan, transplanter hanya butuh seorang operator mesin serta bisa memangkas waktu dan tenaga untuk menanam padi.

Sumber: detik.com

Related posts