Kabut Asap Harusnya Jadi Bencana Nasional

by danirandi

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Anggota DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan, kasus kabut asap seharusnya menjadi bencana nasional. Pasalnya, kabut asap sudah menyebar hingga ke seluruh provinsi di Indonesia dan kian mengkhawatirkan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPR Aceh Iskandar dalam diskusi publik yang dilaksanakan oleh koalisi LSM di Rodya Café, Kota Banda Aceh, Selasa (27/10).

Adapun koalisi LSM yang dimaksud seperti Aceh Resource Development, Gen Peace dan Griya Skizofren. Diskusi ini diikuti oleh puluhan aktivis mahasiswa dari berbagai kampus di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Saya baru pulang dari Aceh Timur. Di sana, kabut asapnya sudah sangat tebal. Jarak pandang sekitar 400 meter. Kabut asap harusnya jadi bencana nasional,” kata Iskandar dalam diskusi tersebut.

Seharusnya, kata dia, pemerintah melakukan segala upaya untuk memadamkan api di Riau dan Jambi. Pemerintah juga perlu melakukan segala upaya untuk mengatasi kabut asap.

“Ini saat hampir seluruh provinsi di landa kabut asap, presiden kita ke Amerika,” ujar politisi Partai Aceh ini.
Sebagaimana yang diketahui, dalam beberapa hari terakhir, kabut asap kiriman melanda sejumlah kabupaten kota di Aceh. Kasus kabut asap ini memasuki kategori mengkhawatirkan di Aceh. Jarak pandang sekitar 300 hingga 400 meter. Hujan deras yang melanda Aceh selama beberapa hari terakhir juga belum mampu menghilangkan kabut asap ini.(T.Irawan)

You may also like