Kapasitas Guru TPA di Banda Aceh Ditingkatkan

  • Whatsapp
Kapasitas Guru TPA di Banda Aceh Ditingkatkan
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Guru TPA Tahun 2015 di Hotel Lading-Banda Aceh, Kamis (29/10).

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Untuk meningkatan mutu pendidikan dan kualitas peserta didik di TPA dalam wilayah Kota Banda Aceh, dibutuhkan pembinaan secara menyeluruh baik bidang administrasi, keuangan, kurikulum maupun operasional sehingga TPA memiliki standard managemen yang baku.

Hal itu disampaikan Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Bahromsyah, MM, pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Guru TPA Tahun 2015 di Hotel Lading-Banda Aceh, Kamis (29/10).

Walikota menyebutkan, selain kurikulum, peningkatan kapasitas Ustadz/Ustadzah dalam membina dan melahirkan generasi Qur’ani mutlak dibutuhkan.

Untuk itu, kata Walikota perlu adanya suatu usaha dalam peningkatan mutu guru TPA. Salah satu usaha yang dirasakan cukup urgen adalah melakukan training bagi guru-guru TPA yang ada dalam wilayah Kota Banda Aceh.

“Pemerintah Kota Banda Aceh mengharapkan kepada ustadz/ustadzah agar tidak bosan dan putus asa dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak kita menjadi anak-anak yang tangguh dan mempunyai bekal yang cukup dalam menghadapi arus perkembangan dunia dewasa ini,”ujarnya.

Ia mengaku yakin dan percaya ustadz/ustadzah mempunyai pengetahuan dan mampu mengajarkan Al-Quran bagi santri TPA masing-masing, akan tetapi ilmu yang sudah ada jika sering diasah tentu akan lebih tajam dan berkualitas, sehingga kualitas santri juga akan semakin meningkat.

Menurut dia, peningkatan kualitas guru akan membawa dampak kepada kualitas santri dan generasi qurani benar-benar dapat kita wujudkan. Karena anak-anak merupakan penerus generasi kita kedepan.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Mairul Hazami mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas itu berlangsung mulai 29 Oktober sampai dengan 4 November 2015, yang akan diikuti oleh 140 orang guru TPA di Banda Aceh yang dibagi dalam empat angkatan.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kualitas pengajaran metode Iqra’ secara baik dan benar,”ujar Mairul didampingi Kabid Pengembangan Syariat dan Dayah DSI kota Banda Aceh Wirzaini Usman Al-Mutiarai.

Selain itu, Mairul mengharapkan melalui pelatihan ini akan lahirnya pendidik yang professional, berilmu dan berakhlakul karimah.(Teuku Irawan)

Related posts