Industri Kreatif di Aceh Belum Ada Layak Jual

Industri Kreatif di Aceh Belum Ada Layak Jual

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah sangat menyayangkan melihat kondisi Aceh hingga kini belum mempunyai hasil industri kreatif yang layak jual di pasar Internasional.

“Padahal banyak bidang yang dapat digarap seperti agrobisnis, agrowisata, kesenian, kerajinan tangan, dan elektronika, untuk melahirkan industry kreatif yang layak dijual,”jelasGubernur Zaini Abdullah dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Asisten II Setda Aceh, Azhari Hasan, pada acara Wisuda Diploma-III angkatan ke-5 Politeknik Aceh, Sabtu (7/11) di Banda Aceh.

Apalagi, kata Gubernur, melihat potensi industri kreatif yang dewasa ini sedang mengalami pertumbuhan begitu pesat. Oleh karena itu, Gubernur menghimbau para lulusan Politeknik untuk dibekali dengan semangat kreativitas dan etos kerja yang tinggi.

“Dengan etos kerja tinggi dan rajin berusaha, para lulusan Politeknik diharapkan mampu membangun kerjasama antar disiplin ilmu dan menjadikan dunia usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lebih sukses,”paparnya.

Selain itu, Gubernur Zaini Abdullah juga meminta kepada penerus agar dapat hilangkan kebiasaan menghabiskan waktu di jalan dan di warung-warung kopi yang tidak produktif. “Kebiasaan menghabiskan waktu di jalan dan di warung-warung kopi yang tidak produktif harus segera dihilangkan,”tegas Gubernur.

Gubernur juga berpesan kepada para lulusan Politeknik Aceh agar memiliki kemauan yang kuat dalam bekerja. “Keberhasilan seseorang dalam bidang kewirausahaan tidak semata-mata ditentukan oleh kemampuan, melainkan juga ditentukan oleh kemauan,”sebutnya.

Bahkan, tambah Gubernur, bedasarkan hasil riset terakhir menunjukkan bahwa keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh kemauan dalam melakukan suatu usaha, sedangkan faktor kemampuan hanya sebagian kecil saja.(Teuku Irawan)

Related posts