Kapal Nelayan Ukuran 30 GT Terbakar

Kapal Nelayan Ukuran 30 GT Terbakar

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Sebuah kapal nelayan ukuran 30 Gross Tonnage (GT) yang sedang bersandar di Pelabuhan Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Rabu (11/11) siang terbakar.

Dalam insiden kebakaran KM Laskar Mina Tiro milik Zainal Abidin tersebut tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian kapal sedang bersandar di pelabuhan tersebut.

Bedasarkan informasi yang dihimpun Kanal Aceh.com, kejadian kebakaran terjadi sekira pukul 16.30 Wib saat sejumlah awak kapal sedang memperbaiki dinamo lampu tembak.

Menurut M. Nur, seorang saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, setelah awak kapal memperbaiki lampu tembak dan mencoba untuk menghidupkan mesin kapal. “Tapi saat dihidupkan keluar percikan api dan menyambar jeregen minyak kapal yang berdekatan dengan mesin kapal tersebut,”jelasnya.

Kemudian api dengan cepat membakar ruang kemudi kapal dan bagian dalam kapal karena di dalam kapal terdapat minyak 2 ton. Awak kapal bersama masyarakat berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya, namun, api tetap tidak bisa dipadamkan. Sehingga awak kapal lebih memilih untuk mengeluarkan barang-barang berhaga lainnya dari dalam kapal termasuk jaring pukat.

Setelah beberapa menit kejadian, baru empat armada pemadam kebakaran datang kelokasi untuk memadamkan api jangan sampai menjalar ke kapal lainnya.

Tapi upaya pemadaman mengalami kesulitan karena api terus membesar. Sehingga awak kapal dibantu masyarakat memutuskan untuk menggeser kapal beberapa meter dari lokasi semula. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran kapal milik Zainal Abidin.

Pantauan wartawan dilokasi kejadian, kebakaran kapal nelayan itu menjadi perhatian warga yang ingin melihat langsung kebakaran kapal tersebut, dan tak sedikit di antara mereka yang merekam dengan telepon genggam.(T.Irawan)

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan