Pulo Aceh Diwacanakan Jadi Unggulan Wisata Baru

BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan menwacanakan Kecamatan Pulo Aceh menjadi potensi unggulan baru bagi kemajuan pariwisata di provinsi Aceh.

Hal itu dikatakan Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah disela-sela pelaksanaan even Explore Destinasi Pulo Aceh di kawasan Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS), Sabtu (14/11) di Aceh Besar.

Sebuah even yang diberi tema “Explore Destinasi Pulo Aceh” untuk mengangkat dan mempromosikan berbagai potensi di kawasan Pulo Aceh, baik potensi wisata, ekonomi, dan seni budaya, dengan harapan akan
menari investasi di kawasan Pulo Aceh.

Bupati Mukhlis Basyah mengatakan, perlu partisipasi semua pihak untuk memajukan sektor pariwisata di Aceh Besar. Jika wisata ini maju maka akan berdampak pada peningkatan sektor perekonomian masyarakat
setempat.

Untuk itu, Bupati Mukhlis Basyah mengharapkan kegiatan seperti ini dapat diagendakan setiap tahun dengan tetap berpegang pada kearifan lokal masyarakat.

Lebih lanjut, Mukhlis Basyah menambahkan, untuk potensi wisata sejarah, kawasan ini juga memiliki histori yang tidak kalah penting dengan daerah lain, karena di sini terdapat Makam Raja Kandang yang terdapat di Pulo Nasi, selain itu, di Pulo Breuh juga terdapat Mercusuar William Toren berusia sekitar 139 tahun dengan ketinggian sekira 85 meter.

Apalagi, kata Mukhlis Basyah, dengan letak Pulo Aceh sangat strategis dan tidak jauh di tempuh dari Kota Banda Aceh yang merupakan Ibukota Provinsi Aceh, membuat pulau ini sangat berpotensi untuk
dikembangkan sebagai salah satu daerah kunjungan wisata.

“Kita harapkan Pulo Aceh nantinya akan menjadi potensi unggulan baru bagi kemajuan pariwisata di kawasan tersebut,”sebutnya.

Untuk mempromosikan potensi wisata Pulo Aceh, kata Mukhlis Basyah, perlu diadakan even-even untuk meng-eksplor keindahan alam dan potensi pariwisata, sehingga melalui even yang dilaksanakan di kawasan ini, maka dengan sendirinya Pulo Aceh akan dikenal sebagai salah satu titik destinasi baru bagi wisatawan asing maupun nusantara yang datang ke kawasan Sabang.

Sementara itu, Kepala BPKS, Fauzi Husein mengatakan, kegiatan ini dijadikan sebagai momentum menghidupkan kawasan tujuan wisata untuk meningkatkan kegiatan perekonomian  masyarakat setempat.

“Untuk memajukan sektor pariwisata di Pulo Aceh maka perludibangun sarana dan prasarana agar menjadi sebuah tempat wisata yang menarik dan nyaman bagi wisatawan yang akan datang,”ungkap Fauzi Husein, kemarin.

Dikatakan, dengan adanya even eksplor destinasi pulo Aceh ini diharapkan wisatawan akan banyak berkunjung, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, tanpa harus melupakan adat-istiadat dan juga agama.

“Pulo Aceh menyimpan keindahan bawah laut dan terumbu karang yang masih bagus, sehingga cocok dikembangkan sebagai destinasi wisata diving bagi para diver  dalam maupun luar negeri,”kata Ketua Pelaksana even Explore Destinasi Pulo Aceh, Fauzi Daud, kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRK Aceh Besar  Sulaiman, Ketua DPRK Banda Aceh Arief Fadillah, sejumlah Kepala SKPD, dan para Camat, serta tokoh masyarakat setempat.[T Irawan]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan