Gubernur Aceh terima penghargaan dari Presiden RI

by danirandi

BANJARMASIN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan penanaman pohon terbaik kepada Gubernur Aceh karena dinilai telah berperan aktif dalam mempromosikan kegiatan kampanye gerakan nasional penanaman pohon di Aceh.

Melalui rilis yang diterima redaksi kanalaceh.com, disebutkan, dalam penghargaan penanaman pohon terbaik tersebut, Aceh menempati posisi ketiga nasional untuk kategori propinsi, sementara posisi pertama dan kedua diduduki oleh Propinsi Jawa Timur dan Jawa Barat.

Piala dan piagam diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs. Dermawan, MM yang mewakili Gubernur Aceh di Taman Hutan Raya Sultan Adam, Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (26/11).

Kepala dinas Kehutanan Aceh, Ir Husaini Syamaun MM yang turut mendampingi Sekda Aceh dalam acara tersebut mengatakan, Presiden memberikan pengahrgaan Gubernur setelah melihat keberhasilan Pemerintah Aceh dalam melakukan koordinasi lintas kabupaten dan kota dalam hal terkait perencanaan, pengelolaan dan kampanye gerakan tanam pohon di seluruh kabupaten di Aceh.

Disamping itu, lanjut Husaini, Aceh secara kelembagaan dinilai telah siap dalam melakukan pengelolaan hutan lestari melalui unit Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang telah dibentuk pada 2014 lalu.

“KPH merupakan satu Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 20 Tahun 2013 yang berfungsi untuk mengantisipasi perambahan hutan dan mengoptimalkan pengawasan di sektor kehutanan,” kata Husaini.

Menurut Husaini, pembentukan KPH itu merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh terutama dalam menyikapi aksi illegal yang kian marak di kawasan hutan yang dilindungi.

Dinas Kehutan Aceh menurut Husaini mendukung aktif kampanye gerakan menanam pohon dengan mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya hutan bagi kehidupan.

“Antara kegiatan yang telah dilakukan adalah dengan menggelar anugerah Duta Peduli Rimba Aceh sehingga pesan akan pentingnya kelestarian hutan dapat sampai kepada semua kalangan, termasuk kalangan pemuda,” ujar Husaini.

Sementara itu Presiden Jokowi dalam acara tersebut mengajak seluruh masyarakat Indonesia melestarikan satwa dan tumbuhan, s‎ehingga Indonesia sebagai sumber keanekaragaman hayati dan  paru-paru dunia dapat kembali berjaya.

“Mari bersama-sama kita membangun kembali hutan Indonesia dan ‎menggunakan momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2015 ini u‎ntuk menciptakan lingkungan yang berkualitas,” katanya. [Saky-rilis]

You may also like