Gubernur Salurkan Bantuan Banjir di Pidie

Gubernur Salurkan Bantuan Banjir di Pidie

Pidie – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah mengunjungi sejumlah lokasi banjir Bandang di Pidie, Jum’at (4/12). Bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) terkait, Gubernur juga mengunjungi Posko Pengungsian di Gampong Sentosa. Posko tersebut menampung pengungsi sebanyak 1.355 jiwa atau 345 KK.

Di lokasi tersebut, Gubernur Zaini menyalurkan bantuan berupa sembako, peralatan sekolah dan sejumlah peralatan ibadah. Selanjutnya, rombongan meninjau Posko pengungsian Gampong Baro Yaman. Saat bandang menerjang, ketinggian air di lokasi tersebut mencapai 2,5 meter.

“Dalam beberapa hari ini, saat pagi hingga sore hari, masyarakat kembali ke rumah mereka masing-masing untuk membersihkan rumah mereka, sedangkan sebahagiannya lagi mempersiapkan kebutuhan makan siang di dapur umu,” terang Zahlul Fitra, Geuchik Gampong Baro Yaman.

Gubernur Salurkan Bantuan Banjir di Pidie

Zahlul menjelaskan, saat ini posko Baro Yaman menampung 1500 jiwa atau 502 KK. Tingginya kecepatan air mengakibatkan warga tidak bias menyelamatkan barang-barang berharga di rumah mereka. Sama seperti di lokasi lainnya, Gubernur juga menyerahkan bantuan berupa sembako, peralatan dapur, peralatan sekolah dan selimut.

Rombongan selanjutnya berkunjung ke posko banjir di Meunasah Kumbang, Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur. Dalam kesempatan tersebut, Zaini Abdullah berpesan agar masyarakat yang terimbas musibah senantiasa tabah dan sabar. “Apa yang kita alami saat ini adalah cobaan dari Allah. Saat ini kita hanya mampu berdo’a dan terus berusaha menanggulangi agar bencana seperti ini tidak terulang kembali,” ungkap Gubernur.

“Saya sudah memerintahkan kepada seluruh dinas terkait untuk sesegera mungkin mengambil langkah-langkah strategis untuk menanggulangi bencana ini. Bersama ini saya membawa sedikit bantuan tanggap darurat, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh Zaini Abdullah, saat menyerahkan bantuan kepada Ketua Posko Gampong Jojo, Teuku Ismail.

Terakhir, rombongan Gubernur mengunjungi Posko banjir Gampong Yaman Barat, Kecamatan Mutiara Barat. Disini, pria yang akrab disapa Doto Zaini ini juga menyerahkan bantuan masa panik. [Taufik]

Related posts