Dewan Energi Nasional Rumuskan RUEN Di Banda Aceh

Ketua Harian DEN, Sudirman Said, didampingi sekjen dan anggota DEN, saat menggelar rapat usai menfinalkan rumusan RUEN, di Banda Aceh, Sabtu (12/12)

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Dewan Energi Nasional (DEN) menggelar rapat pembahasan rencana umum energi nasional (RUEN). Rapat yang dipimpin oleh ketua harian Sudirman Said tersebut, berlangsung sejak 11-12 Desember 2015, disalah satu hotel di Banda Aceh.

Sementara itu, hadir Sekjen DEN, Satry Nugraha, dan anggota DEN, Ir Tumiran, Prof Rinaldy Dalimi, Andang Bachtiar, Achdiat Atmawinata, Sony Keraf, Syamsir Abduh, dan Hary Soeryadi.

Ketua Harian DEN, Sudirman Said menerangkan, rapat yang digelar pihaknya, berhasil menfinalkan RUEN, pada sidang ke-16 yang berlangsung di Banda Aceh, hari ini, Sabtu (12/12).

RUEN ini sendiri, Sudirman, yang juga merupakan Menteri ESDM RI, adalah kebijakan nasional energi yang menjadi panduan pengelolaan secara menyeluruh agar ketahanan energi nasional dapat terwujud.

Finalisasi RUEN, juga bagian dari upaya mendorong terjaminnya ketersediaan energi dan memanfaatkan energi secara optimal dalam pengelolaan untuk kepentingan nasional.

Target target yang tertuang dalam RUEN adalah,
1. mendorong paradigma baru bahwa energi sebagai modal pembangunan, dan energi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi.
2. penyediaan energi primer mencapai 400 juta ton setara minyak bumi pada 2025
3. penyediaan kapasitas pembangkit listrik 136,7 GW pada 2025
4. Rasio elektifikasi 100 persen
5. pemanfaatan listrik perkapita mencapai 2500 Kwh pada 2025, dan 7000 Kwh pada 2050. [Saky]

Related posts