Kronologis BIN Negosiasi dengan Din Minimi

Kronologis BIN Negosiasi dengan Din Minimi

JAKARTA – Pentolan kelompok bersenjata Nurdin Ismail alias Din Minimi telah menyerah dan menyudahi perlawanannya kepada pemerintah Indonesia.

Din Minimi menyerah lantaran Kepala Badan Itelijen Negara (BIN) telah melakukan negosiasi yang panjang. Tim gabungan yang dipimpin oleh Kepala BIN Sutiyoso bergerak melakukan penjemputan ke Din Minimi dan bersama kelompoknya pada, Senin 28 Desember 2015 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Sutiyoso didampingi olehDeputi II BIN Mayjen TNI Thamrin, Direktur 23, Brigjen TNI Zulfazdi Juni, dan perwakilan dari Aceh Monitoring Mission (AMM) Juha Christensen.

Adapun rangkaian kegiatan penjemputan tim sipil bersenjata Din Minimi sebagai berikut:

  1. Selasa, 28 Desember 2015, tim yang dipimpin oleh Kepala BIN Sutiyoso, bertolak di Desa. Keude Mesjid Bagok Kecamatan Nurussalam Kabupaten Atim, dengan menggunakan beberapa unit mobil diantaranya jenis Pajero Sport warna putih, Double Cabin Hilux warna hitam, Toyota Fortuner warna hitam bertemu dengan Din Minimi dan juga kelompoknya.
  1. Kemudian, tim beserta kelompok Din Minimi sekira 20 orang dibawa menggunakan dua unit kendaraan untuk bergerak dari lokasi penjemputan melalui jalan Medan, Aceh menuju ke arah Kecamatan Julok Kabupaten Atim.
  1. Setelah tiba di Kecamatan Julok, dua unit mobil yang ditumpangi oleh Deputi 2 Bin dan Direktur 23 beristirahat di Koramil Julok, sedangkan mobil yang membawa Sutiyoso dan Din Minimi beserta seluruh anggotanya langsung menuju ke rumah orang tua Din Minimi di Desa Ladang Baroe Kecamatan Julok Kabupaten Atim.
  1. Kemudian, rombongan yang dipimpimpin oleh Sutiyoso beserta kelompok Din Minimi melaksanakan kegiatan doa bersama dan syukuran bertempat di rumah orang tua Din Minimi di Desa Ladang Baroe, Kecamatan Julok, Kabupaten Atim yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat dan dihadiri masyarakat dari Desa Ladang Baroe dan Desa Bukit Panjang yang berjumlah sekira 120 orang.
  1. Atas pertemuan itu akhirnya Kepala BIN Sutiyoso dan kelompok Din Minimi memutuskan untuk menginap dan bermalam di rumah orang tua Dini Minimi, selanjutnya direncanakan besok pagi tanggal, Selasa 29 Desember 2015 rombongan yang dipimpin oleh Sutiyoso bersama dengan Din Minimi akan berangkat menuju ke Kota Lhokseumawe.
  1. Dalam negosiasi tersebut, berdasarkan informasi tidak ada personil TNI ataupun Polri maupun wartawan yang memasuki lokasi rumah orang tua Din Minimi utk melakukan pemantauan ataupun peliputan giat tersebut.
  1. Saat bergerak melintas di jalan dari lokasi penjemputan menuju ke Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok, Kabupaten Atim, anggota kelompok Din Minimi sempat mengibarkan Bendera Bintang Bulan dan mengeluarkan kata kalimat merdeka.(okezone.com)

Related posts