Zaini Abdullah: pemerintah komit bangun terowongan Geurutee

Kunjungan gubernur ke Lamno. (Ist)

Lamno (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak masyarakat Aceh wilayah barat dan selatan mendukung program pembangunan terowongan Geurutee yang bakal segera dibangun oleh pemerintah melalui dana APBN.

Zaini mengatakan, ia telah beberapa kali bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk memastikan keberlanjutan projek pembangunan terowongan tersebut.

“Saya yakin Pemerintah Pusat komit dalam pembangunan ini. Menteri PU Pak Basuki sudah diarahkan langsung oleh presiden untuk segera menyusun hal-hal terkait dengan pembangunan terowongan tersebut,” kata Zaini pada acara silaturahmi akbar bersama masyarakat Aceh Jaya di Mesjid Baitussalam, Desa Lheut, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Sabtu (2/4).

“Mudah-mudahan jika tak ada aral melintang, pembangunan akan segera dimulai setelah semua dokumen syarat seperti Amdal dan Detail Engineering Design (DED) nya selesai,” katanya.

Menurutnya, pembangunan terowongan tersebut sangat penting dan mendesak mengingat seringanya bencana alam seperti banjir dan risiko tanah longsor yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi ketika melewati daerah tersebut.

Selain itu, Zaini menjelaskan, terowongan tersebut juga dapat memperpendek jarak tempuh melawati kawasan pegunungan dari 12 km menjadi 1,7 km sehingga konektivitas antara wilayah Aceh menjadi semakin lancar.

“Program pembangunan terowongan ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh dan anggaran untuk pembangunan diusahakan masuk dalam APBN-P tahun ini,” ujarnya.

Selain pembangunan terowongan Geureutee, Zaini Abdullah juga menyatakan akan menindaklanjuti pembangunan Jalan Lamno-Jantho yang bakal diselesaikan oleh TNI melalui program Tentera Manunggal Masuk Desa (TMMD) pada tahun ini.

“Saya bersama Pak Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu bahkan sudah lansung ke lokasi beberapa waktu dan beliau (Menhan) sangat mendukung projek jalan yang kita harapkan rampung pada tahun ini,” katanya. [Sammy/rel]

Related posts