Kurang koordinasi, ambulans bawa jenazah dari Singkil nyasar 3 jam

Ilustrasi. (Antara Foto)

Singkil (KANALACEH.COM) – Kelalaian petugas pelabuhan terjadi saat keberangkatan kapal KMP Teluk Simeulue tujuan Sinabang pada Minggu (3/4) lalu. Pasalnya, di dalam kapal itu ada mobil ambulans membawa jenazah yang datang dari Medan tujuan ke Nias.

Namun setelah berlayar sekira tiga jam, petugas yang berada di pelabuhan baru menyadari mobil ambulans dengan nopol BK 1968 H tujuannya bukan ke Sinabang, melainkan ke Nias.

Syahbandar Pelabuhan Feri Singkil, Sorgia Purba, mengatakan kejadian itu terjadi diakibatkan kurangnya koordinasi sesama petugas pelabuhan.

“Yang membawa mobil ambulans tidak bertanya kepada petugas pintu masuk pelabuhan. Dan ketika petugas menanyakan tujuan mobil ambulans pun tidak djawab, tetapi langsung masuk saja ke kapal,” katanya.

Petugas pintu masuk pelabuhan mengungkapkan mobil ambulans masuk ke pelabuhan tanpa menanyakan tujuan keberangkatan kapal. Lagi-lagi petugas pintu pelabuhan yang enggan disebut namanya menyebutkan sopir ambulans tidak menghiraukan pertanyaan tujuan.

Dari jadwal yang ditetapkan ASDP Singkil, jadwal keberangkatan kapal KMP Simeulue tujuan Sinabang berangkat pukul 17.00 WIB, sedangkan kapal KMP Teluk Singkil tujuan Nias berangkat pukul 22.00 WIB.

Sopir ambulans, Malau, menjelaskan bahwa dirinya tidak mengetahui arah tujuh kapal yang berangkat. Ditambah lagi mereka baru pertama kali menyeberang melalui Pelabuhan Feri Singkil.

Ketika bertanya ke petugas jaga di pintu masuk kapal, Malau mengatakan petugas tersebut malah meminta ongkos tanpa menanyakan tujuan ambulans.

“Kami sudah nanya kepada petugas, apakah ke Nias? Petugas berbaju Dishub itu mengatakan ya sini ongkos kalian biar kuambil karcisnya. Setelah itu, kami langsung masuk ke kapal,” ungkap Malau.

Malau juga menyesalkan ulah petugas tidak jujur memberikan informasi jadwal keberangkatan kapal tujuan Nias kepada dirinya. Padahal keluarga jenazah yang berada di Nias sudah menunggu untuk menjemput jenazah yang dibawanya.

Akibat kelalaian petugas, kapal KMP Simeulue tujuan Sinabang yang sudah berlayar terpaksa balik ke Pelabuhan Singkil untuk menurunkan kembali ambulans tersebut.

Sesampainya di pelabuhan pukul 00.30 WIB dini hari, ambulans itu memutar arah ke Sibolga melakukan penyeberangan ke Nias. [Wol]

Related posts