Calon anggota Panwaslih jalani uji kelayakan

Ilustrasi. (Merdeka)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 15 calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan di DPRK setempat.

Ketua Panitia Penjaringan Panwaslih DPRK Banda Aceh, Ilmiza Saaduddin Djamal mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan dilakukan untuk memilih lima nama anggota Panwaslih terpilih dan lima nama cadangan.

Ke-15 calon tersebut diuji untuk mengetahui kemampuan dam pemahaman mereka mengenai pemilihan kepada daerah atau pilkada di Kota Banda Aceh.

“Mereka diuji mengenai cara menyelesaikan sengketa pilkada,” kata Ilmiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Selasa (5/4).

Selain itu, Ilmiza yang juga Ketua Komisi A DPRK Banda Aceh menyebutkan materi yang diuji di antaranya kemampuan masing-masing individu bekerja sama dengan penyelenggara Pilkada lainnya.

Mereka juga diuji kemampuan bekerja sama dengan institusi penegak hukum serta pemahaman calon terhadap aturan perundang-undangan yang menyangkut dengan pelaksanaan Pilkada.

“Yang paling penting dalam uji kelayakan dan kepatutan ini untuk mengetahui sejauh mana integritas mereka serta kemampuan masing-masing dalam menjaga netralitas sebagai penyelenggara Pilkada,” kata Ilmiza Saaduddin Djamal.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menegaskan, tim penguji yang berasal dari panitia penjaringan juga menelusuri aktivitas sehari-hari masing-masing calon, termasuk kemampuannya memosisikan diri jika terpilih.

Panitia penjaringan, lanjut Ilmiza, juga mengingatkan para calon anggota Panwaslih harus siap menghadapi potensi konflik dan penyalahgunaan wewenang oleh kandidat peserta Pilkada.

“Hasil uji kelayakan dan kepatutan akan diumumkan dalam dua hari ke depan. Selanjutnya, lima nama terpilih dan lima nama cadangan diserahkan kepada pimpinan DPRK Banda Aceh guna disahkan dalam rapat paripurna,” kata Ilmiza Saaduddin Djamal.

Pilkada di Banda Aceh akan digelar pada 15 Februari 2017. Pilkada digelar untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022. Pilkada Banda Aceh digelar serentak dengan pemilihan 19 bupati/wali kota se-Provinsi Aceh serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. [Antara]

Related posts