Aceh akan gelar Latihan Mujahid Dakwah regional Sumatera

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Latihan Mujahid Dakwah (LMD) sebagai ajang pembinaan kader BKPRMI skala regional Sumatera akan berlangsung di Banda Aceh, seiring digelarnya Pekan Pemuda Remaja Cinta Masjid Indonesia (Pertama) 27-30 April 2016.

Direktur Nasional Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia BKPRMI, Danil Mahmud Caniago melalui Koordinator Intsruktur BKPRMI Regional Sumatera, Ridha Yunawardi memastikan LMD II tersebut akan diikuti oleh pengurus BKPRMI level kabupaten/kota se-Sumatera.

Aceh, sebut Danil, baru kali ini menggelar LMD II setelah lebih tiga tahun BKPRMI Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Barat dan Langsa menggelar LMD I.

“Sedikitnya ada 600 lebih kader militan BKPRMI yang telah dicetak, namun belum ada pembinaan lanjutannya berupa LMD II,” jelas Danil yang juga dosen IAIN Padang itu.

Untuk LMD II, lanjut Danil, dibuka pendaftaran bagi alumni LMD I dan kepengurusan BKPRMI kabupaten/kota hingga 22 April mendatang.

“Kepesertaan akan diatur dan dikelola langsung DPW BKPRMI Aceh via LPPDSDM. Syarat kepesertaan, fotokopi sertifikat LMD I atau surat mandat dari DPD BKPRMI,” jelas Danil.

Koordinator Instruktur BKPRMI Aceh yang juga Direktur Wilayah LPPDSDM BKPRMI Aceh, Azwir Adnan menjelaskan pihaknya siap menggelar LMD II Regional Sumatera sekaligus menyukseskan acara Pertama.

“Ini moment penting, saya rasa tak mungkin kita Aceh menyia-nyiakan momentum penting ini. Dan ini sangat berdampak positif bagi pengembangan organisasi kepemudaan berbasis masjid,” sebut Azwir yang juga mengajar sebagai guru di Aceh Besar itu.

Pasca-LMD II, secara otomatis peserta dapat mengikuti Diklatnas BKPRMI atau LMD III. Latihan Mujahid Dakwah level dasar direkrut awalnya dari alumni TPA dengan program study Islam I hingga III, kemudian berlanjut ke LMD I. Sedikitnya tiga malam empat hari, program LMD berlangsung dengan posisi peserta diinapkan. [Fahzian Aldevan/rel]

Related posts