Dua bus tabrakan dengan truk BBM di Afganistan, 73 tewas

Salah seorang korban luka akibat tabrakan bus dan truk BBM di Ghazni, Afganistan, Minggu (8/5/2016), terbaring di ambulans. (AFP)
--Ads--
loading...

Ghazni (KANALACEH.COM) – Sedikitnya 73 orang tewas setelah dua buah bus dan sebuah truk pengangkut minyak meledak setelah bertabrakan di wilayah timur Afganistan, Minggu (8/5).

Sebagian besar korban tewas, termasuk perempuan dan anak-anak, ditemukan dalam kondisi hangus dan puluhan lainnya terluka dalam kecelakaan di Ghazni yang tak jauh dari ibu kota Kabul itu.

“Jumlah korban tewas meningkat hingga 73 orang dan sebagian besar dari mereka hangus,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan, Ismail Kawoosi sambil menambahkan jumlah korban tewas masih bisa bertambah.

Ads

“Sebagian besar korban luka dilarikan ke rumah-rumah sakit di kota Kandahar dan Ghazni,,” tambah Kawoosi.

Awalnya, Gubernur Ghazni Mohammad Aman Hamimi hanya menyebut tujuh korban tewas, tetapi juru bicaranya malah memberi jumlah 50 orang tewas.

Afganistan adalah negara dengan ruas-ruas jalan paling berbahaya di dunia dan kecelakaan lalu lintas yang fatal sangat sering terjadi.

Kecelakaan sejenis terjadi pada April 2013 ketika sebuah bus menghantam sebuah mobil pengangkut BBM di provinsi Kandahar dan menewaskan 45 orang.

Pada November tahun lalu Bank Dunia menyepakati hibah sebesar 250 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas jalan di pegunungan Hindu Kush.

Jalan di pegunungan ii adalah jalur penting perdagangan yang sering kali tak bisa dilintasi kendaraan terutama di musim dingin. [Kompas]