Enam gampong di Labuhan Haji Barat dikepung banjir

Ilustrasi banjir. (EPA)

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Aceh Selatan pada Sabtu (14/5) sore telah berdampak terjadinya banjir luapan di enam gampong/desa dalam Kecamatan Labuhan Haji Barat.

Enam gampong yang dikepung banjir setinggi 1 meter tersebut di antaranya, Gampong Peulokan, Gampong Tengoh Ie Boueh, Gampong Tutong, Gampong Padang, Gamping Kuta Trieng, dan Gampong Batee Meucanang.

“Masyarakat di enam gampong dimaksud  terpaksa bertahan di rumah masing-masing dalam kondisi tergenang banjir. Dampak dari meluapnya Sungai Peulokan ini juga berdampak terjadinya banjir luapan di Gampong Lembah Baru, Gampong Tengah Baru dan Padang Baru, Kecamatan Labuhan Haji,” ungkap tokoh masyarakat Labuhan Haji, Azmir kepada Serambinews.com, Sabtu malam.

Mantan anggota DPRK Aceh Selatan ini juga mengungkapkan, banjir yang terjadi di Labuhan Haji Barat ini akibat mulai dangkalnya daerah aliran sungai Peulokan serta tertutupnya muata sungai serta tidak berfungsinya drainase (saluran pembuang) yang ada di perkampungan warga.

“Penyebab karena aliran sungai yang semakin dangkal dan tidak berfungsinya saluran pembuang, sehingga begitu hujan lebat air tidak tertampung dengan baik sehingga begitu cepat meluap ke perkampungan warga,” ungkap Azmir. [Serambinews]

Related posts