Mahasiswa KPM-PAR gelar Festival Cucoe Ar-Raniry

Pembukaan Festival Cucoe Ar-Raniry yang digelar di Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Senin (16/5). (ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat Participatory Action Research (KPM-PAR) UIN AR-Raniry menggelar Festival Cucoe Ar-Raniry di Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar yang berlangsung sejak Senin (16/5) hingga Kamis (19/5).

Lomba yang digelar meliputi pidato, cerdas cermat agama, azan, hafalan surat pendek, salat jenazah, serta lomba mewarnai ini bertujuan guna memacu kreativitas dan ilmu keislaman.

Ketua panitia, Samsul Fajry menjelaskan lomba ini diikuti oleh hampir seluruh warga gampong di Kecamatan Seulimuem. Masing-masing delegasi peserta gampong sudah disaring dan diseleksi oleh mahasiswa KPM yang berada di lokasi pengabdian tersebut.

Lanjutnya, kegiatan ini juga sekaligus memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. “Sehingga untuk perlombaan kali ini bisa sekaligus menjadi media atau sarana untuk mengenal Islam lebih baik lagi,” kata Samsul.

Ketua KPM-PAR Kecamatan Seulimum, Herdi Anwar menjelaskan acara festival ini berhasil digelar berkat dukungan dari masyarakat setempat.

“Kami adakan festival ini tidak lain sebagai rasa terima kasih kami kepada masyarakat yang mendukung kami selama menjalankan program PAR ini. Selain itu agar di kalangan anak tumbuh semangat untuk terus mempelajari Islam,” kata Herdi Anwar.

Herdi berharap agar para peserta lomba bisa mengeluarkan seluruh kemampuan di setiap perlombaan yang diikuti.

Sementara itu Camat Kecamatan Seliumuem, Zulkifli dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan dan menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KPM-PAR. “Kegiatan ini menjadi bekal untuk persiapan MTQ di Aceh Besar nantinya,” kata Zulkifli. [Aidil Saputra]

Related posts