Tips pola makan cegah gangguan pencernaan

Jakarta (KANALACEH.COM) – Gangguan pencernaan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hampir sebagian besar gangguan pencernaan disebabkan dari pola makan yang tidak tepat.

Jadi, agar pencernaan sehat dan terhindari dari masalah pencernaan, Anda harus memperhatikan pola makan yang tepat. Berikut tips pola makan yang tepat agar terhindar dari gangguan pencernaan yang dilansir dari Boldsky via Okezone.com, Minggu (22/5).

Tips 1

Cobalah untuk makan makanan Anda pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini akan membuat tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas yang stabil.

Tips 2

Ketika Anda makan makanan, cobalah untuk hati-hati dalam mengunyah setiap gigitan sampai makanan menjadi lembut. Selain itu, makanlah makanan dalam jumlah kecil.

Tips 3

Jangan makanan terlalu terburu-buru. Makan santai dengan waktu yang cukup dapat membuat sistem pencernaan mencerna makanan dengan baik.

Tips 4

Jika Anda ingin makan buah-buahan, makanlah 60 menit sebelum atau setelah makanan. Hal ini mempermudah makanan utama Anda dicerna dengan baik, sehingga pencernaan lancar dan sehat.

Tips 5

Minum segelas air putih 60 menit sebelum dan setelah makan besar membantu dalam menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Tips 6

Saat makan besar, jangan terlalu banyak minum. Hanya minum air putih jika lidah Anda perlu istirahat saat makan besar.

Tips 7

Sesekali minum jus buah atau sayur setelah sehari berpuasa baik untuk sistem pencernaan. Cobalah cara minum jus sepert ini sebulan sekali agar sistem pencernaan sehat.

Tips 8

Jangan terburu-buru langsung kembali beraktivitas setelah makan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual. Cobalah untuk menghabiskan waktu 2-3 menit untuk beristirahat.

Tips 9

Suasana hati juga penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Coabalah untuk menenangkan diri sebelum makan makanan Anda.

Tips 10

Diet harus bergantung pada jenis tubuh Anda dan metabolisme. Berkonsultasilah dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak Anda harus makan, jangan samakan dengan orang lain. [Okezone]

Related posts