Prajurit TNI Kodim 0106/Ateng jalani tes urine

Tes urine Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah. (Pendam IM)

Takengon (KANALACEH.COM) – Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah diberikan penyuluhan narkoba dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Aceh Tengah dilanjutkan dengan tes urine di Aula Kodim setempat, Selasa (24/5).

Sebanyak 49 personel Kodim 0106 yang diperiksa urine di antaranya 21 perwira, 13 bintara dan 15 orang tamtama. Di samping tes urine, diadakan juga pemeriksaan kesehatan berkala TW II berjumlah 187 personel meliputi pemeriksaan gigi, tensi, pengambilan darah dan EKG (cek jantung) oleh tim Kesrem yang dipimpin oleh Kapten CKM Nasaruddin dikuti oleh beberapa dokter pemeriksa dan tim kesehatan lainnya dari Lhokseumawe.

Dari hasil cek urine tersebut tidak ditemukan anggota yang positif menggunakan narkoba. Program ini juga sebagai tindak lanjut perintah dari komando atas agar seluruh prajurit tidak mengosumsi narkoba.

Dandim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Arm Ferry Ismail melalui Kasdim 0106 Mayor Inf Ade Munandar mengatakan, tes urine ini akan berlanjut dan bertahap, kegiatan ini untuk mewaspadai seluruh anggota dan mencegah penyalahgunaan narkoba.

Ia berharap anggotanya benar-benar bersih dari narkoba. “Yang paling penting bagi prajurit adalah agar senantiasa selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari hal-hal yang negatif,” pungkasnya.

Sementara Pasi Intel Kodim 0106 Kapten Inf Dwi Haryanto menjelaskan, pemeriksaan tes urine ini merupakan TW II 2016 yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dengan harapan akan tercipta keluarga yang sehat dan bebas dari narkoba sehingga prajurit mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Usai menjalani tes urine seluruh personel Kodim 0106 mendapatkan penyuluhan, pembekalan, serta pengetahuan bahaya penyalahgunaan narkoba serta pemutaran film bahaya narkoba dari BNK Kota Takengon. [Sammy/rel]

Related posts