Baitul Mal akan bangun 40 rumah

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Baitul Mal Kota Banda Aceh memastikan akan membangun 40 unit rumah yang akan diperuntukkan untuk warga miskin di Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikannya, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani Zainun, di sela-sela kegiatan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tahun 2016 di Gampong Ilie Kecamatan Ulee Kareng Selasa (31/5).

Dalam kegiatan BBGRM ini, juga diserahkan secara simbolis tiga unit rumah oleh Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Gusmeri  kepada Usman Bin Amin dari Gampong Ceurih, Hasbullah Saiban dari Gampong Ilie dan Ainal Mardhiah dari Gampong Ilie.

“Tiga rumah yang diserahkan secara simbolis tadi adalah yang dibangun tahun 2015 lalu, semuanya 40 unit,” ungkap Safwani.

Pada tahun 2016, lanjutnya Baitul Mal Kota Banda Aceh bersama Dinas PU dan Bappeda akan kembali membangun 40 unit rumah dengan type yang sama seperti tahun 2015, yakni type 42.

“Nanti kita turun bersama PU dan Bappeda melakukan survey siapa yang benar-benar layak diberikan bantuan rumah. Kemudian kita laporkan kepada Walikota untuk kemudian di SK-kan. InsyaAllah bulan depan mulai kita bangun untuk tahun ini,” sebut Safwani.

Sejauh ini, katannya, Baitul Mal Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp. 17,6 Milyar pada tahun 2015 lalu dari target Rp, 17.3 Milyar.

“Tahun ini target kita naik, yani Rp. 18,5 M. Semoga tercapai dan kita bisa salurkan kepada yang benar-benar berhak menerimanya,” ujarnya.

Kepada warga Banda Aceh, terutama para pengusaha dan pedagang, safwani menghimbau agar menyalurkan zakat hartanya melalui Baitul Mal dan berharap tidak di eksekusi sendiri.

“Ketika zakat itu disalurkan ke Baitul Mal, maka akan lebih banyak program yang bisa kita buat untuk masyarakat miskin, seperti pembanguan rumah untuk mereka,” harap Safwani. [Fahzian Aldevan]

Related posts