Kodim 0116/Nara peringati Hari Kelahiran Pancasila

Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2016 di Makodim 0116/Nara Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu (1/6). (Pendam IM)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2016 di Makodim 0116/Nara Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu (1/6).

Upacara ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0116/Nara sebagai bentuk penghormatan kepada pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati terhadap eksistwnsi Pancasila.

Dandim 0116/Nara, Letkol Arm Erland Hendriatna selaku inspektur upacara membacakan amanat Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo, bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam perjalanan yang panjang telah mengalami berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir dan melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara Indonesia.

“Sudah saatnya sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka menghargai pahlawannya. 1 Juni perlu kita tegaskan sebagai hari lahirnya Pancasila, karena Pancasila merupakan dasar negara yang sila-silanya harus mampu kita implementasikan dalam setiap proses pengambilan keputusan politik negara dan masyarakat,” ujar Erland.

Ia menambahkan, sebagai negara yang majemuk atau berbhinneka, setiap tahun bangsa Indonesia wajib memperingati hari lahirnya Pancasila.

“Semangat dan revitalisasi Pancasila harus terus kita kumandangkan untuk Indonesia yang merdeka yang berdaulat, Indonesia yang berdikari, Indonesia yang berkepribadian,” tegasnya. [Sammy/rel]

Related posts