Masjid Raya Baiturrahman dapat tampung 13 ribu jamaah salat tarawih

Denah fasilitas ibadah area Masjid Raya Baiturrahman selama bulan Ramadan. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Selama bulan Ramadan 1437 H Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh tetap bisa digunakan untuk pelaksanaan ibadah, seperti shalat tarawih. Masjid dapat menampung jamaah sekitar 13 ribu orang.

“Sekitar 6 ribu di dalam masjid, 7 ribu jamaah di pelataran masjid,” kata Manajer Lapangan dari PT Waskita Karya, Hasanuddin kepada wartawan seusai peninjauan Masjid Raya Baiturrahman, Jumat (3/6).

Lanjutnya, nanti pintu masuk terletak di bagian utara, selatan, dan barat dibuka dua pintu. Untuk area pekerjaan nanti akan ditutup.

Ads

“Kendaraan bisa parkir di bagian utara yang taman masjid raya, dan di taman bekas Hotel Aceh, juga sebagian jalan Moh. Jam atas izin dari Dishub,” katanya.

Hasanuddin menambahkan, para pekerja nanti akan berhenti bekerja ketika adzan, zikir, dan salat tarawih. “Selama salat tarawih nanti kita kondisikan pekerja tidak bekerja yang menimbulkan suara berisik,” tambahnya.

Pelataran Masjid Raya Baiturrahman (bagian luar) untuk jamaah salat tarawih. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)
Pelataran Masjid Raya Baiturrahman (bagian luar) untuk jamaah salat tarawih. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Untuk diketahui saat ini proses pembangunan landscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman sudah memasuki tahap sekira 42 persen. Sesuai kontrak, penyelesaian pembangunan ini berakhir pada juli 2017.

Hasanuddin mengakui bahwa selama bulan Ramadan ini tidak menghambat pekerjaan. “Insya allah selama puasa tidak menghambat, sebab kita bisa upayakan mana terlebih dahulu yang bisa dikerjakan,” ungkapnya. [Aidil Saputra]

Ads