Mesin pompa air untuk irigasi sawah tiba di Makodim 0104/Atim

Mesin pompa air tiba di Makodim 0104/Atim. (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Bantuan demi bantuan kembali mendatangi Markas Kodim (Makodim) 0104/Aceh Timur dalam mendukung pencapaian sukses swasembada pangan di wilayah Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Kali ini, giliran mesin diesel pompa air bermerk Kubota yang berlabuh. Pompa air sebanyak 70 unit ini tiba di Lapangan Upacara Makodim, Senin (13/6).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0104/Atim, Letnan Satu Infanteri Meswanto mengatakan, semua peralatan yang sudah diterima dari Kementan ini akan digunakan dalam rangka peningkatan hasil produksi dibidang pertanian, khususnya wilayah binaan Kodim 0104 yang meliputi 3 Kabupaten seperti Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

“Sehingga program ketahanan pangan yang sudah dijalin antara Kementan dengan TNI ini dapat berjalan sesuai rencana dengan hasil maksimal,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com.

Ia menambahkan, mesin pompa air ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk pengairan sawah (Irigasi), sehingga para Petani bisa bernafas lega karena sawahnya akan terhindar dari kekeringan.

“Penggunaannya akan disebar ke seluruh pelosok wilayah Kodim Atim pada saat musim tanam, begitu juga dengan peralatan pendukung lainnya yang sudah diterima dari Kementan,” ujarnya.

Kodim 0104/Atim telah menyebar para Babinsa di setiap desa sebagai pendamping. Oleh karena itu, para Babinsa juga akan membantu petani dalam meningkatkan produksi pangan.

Masing-masing Babinsa, lanjutnya, akan turun kelapangan untuk mengawali peralatan bersama petani yang sudah disalurkan oleh Kementan, dan membimbing petani agar mendapat hasil produksi yang maksimal.

Babinsa ini terlebih dahulu akan mendapatkan pelatihan untuk mengoperasionalkan alat tani tersebut, sehingga nantinya bisa mengajarkan para petani untuk mengawaki sendiri agar lebih mandiri,” ungkapnya.

Meswanto juga menjelaskan, mesin pompa air ini merupakan bantuan lanjutan dari Kementerian Pertanian (Kementan) seperti Mobil Tractor, Tractor Tangan (Hand Tractor) dan lain sebagainya yang telah tiba di Makodim Langsa beberapa waktu lalu.

“Semoga bantuan dari pemerintah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat Indonesia, sehingga program ketahanan pangan ini dapat berjalan dengan maksimal dan seluruh penduduk Indonesia dapat hidup dengan sejahtera,” harapnya. [Aidil/rel]

Related posts