Gubernur apresiasi Bank BTN Syariah di Aceh

Peresmian Kantor Cabang Bank BTN Syari’ah di kawasan Setui, Senin (20/6). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyambut baik kehadiran Bank Tabungan Negara (BTN) Syari’ah di Aceh. Hal ini sangat sejalan dengan semangat Pemerintah Aceh untuk meningkatkan penerapan Syariat Islam dalam segenap aspek kehidupan, termasuk  dalam hal ekonomi, khususnya perbankan.

Pernyataan tersebut disampaikan Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya pada acara Peresmian Kantor Cabang Bank BTN Syari’ah di kawasan Setui, Senin (20/6).

“Oleh karenanya, Kehadiran BTN Syariah tentu sangat kita sambut baik. Atas nama Pemerintah Aceh saya mengucapkan selamat atas hadirnya Kantor BTN Cabang Syariah Banda Aceh ini. Semoga momentum ini menjadi wahana yang tepat untuk mendorong kebersamaan kita dalam menciptakan koordinasi yang sinergis dalam memacu pembangunan di Aceh secara Syari’ah,” ujar Zaini.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Syari’at Islam di Aceh, kata Zaini, khususnya pada sektor ekonomi dan perbankan, hari ini BTN menghadirkan sistem pelayanan perbankan syariah, yang dinamakan BTN Syariah.

“Dalam perjalanan usahanya, bank ini terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan sehingga BTN Syariah kini telah ada di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Saya berharap, kehadiran kantor cabang BTN  Syariah ini dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat Aceh,” harapnya.

Zaini menegaskan, dalam fungsinya sebagai motor pembangunan, peran perbankan sangatlah penting sebagai lembaga intermediasi di sektor keuangan. Apalagi kondisi ekonomi Aceh saat ini, di mana  sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) begitu dominan di masyarakat.

“Oleh sebab itu, aktivitas perbankan perlu kita dorong agar keterlibatannya dalam memperkuat ekonomi rakyat semakin meningkat. Perlu saya sampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi Aceh dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan.”

Menurut Zaini, jika investasi meningkat, maka lapangan kerja pun semakin luas, karena peningkatan investasi tentu akan berbanding lurus dengan kebutuhan akan perumahan dan perkembangan sektor usaha lainnya.

Ia berharap peluang ini dapat disambut dengan langkah aktif oleh perbankan, khususnya BTN Syariah yang dikenal dengan fasilitas kredit perumahan rakyat dan kredit bagi sektor UKM.

“Harapan saya, BTN Syariah yang baru hadir di Aceh hari ini dapat menjadi salah satu perbankan yang tampil sebagai motor penguatan ekonomi masyarakat, sehingga langkah kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat  Aceh akan semakin maksimal,” sambungnya. [Sammy/rel]

Related posts