Menang adu penalti, Polandia lolos ke perempat final

Selebrasi Pemain Polandia (Reuters)

Saint-Etienne (KANALACEH.COM) – Polandia menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Piala Eropa 2016. Robert Lewandowski dan kawan-kawan melaju usai menang adu penalti 5-4 atas Swiss pada laga 16 besar di Stadion Geoffroy Guichard, Sabtu (26/6) malam WIB.

Laga perdana 16 besar Piala Eropa 2016 harus ditentukan lewat adu penalti karena selama 120 menit kedua tim bermain imbang 1-1. Jakub Blaszczykowski membawa Polandia unggul di menit 39 sebelum disamakan oleh Xherdan Shaqiri pada menit 89.

Polandia nyaris mencetak gol cepat kala laga berjalan 29 detik. Kesalahan komunikasi antara kiper Yann Somer dan Johan Djourou membuat bola jatuh ke kaki Arkadiusz Milik. Sial bagi Polandia, sepakan kaki kiri Milik melambung meski gawang Swiss sudah kosong melompong.

Setelah terkejut oleh peluang emas Milik, Swiss mulai bisa mengendalikan jalannya pertandingan. Blarim Dzemaili mendapat peluang emas di menit 10. Akan tetap tembakannya masih meleset dari sasaran.

Meski menguasai jalannya pertandingan, Swiss kesulitan menembus rapatnya pertahanan Polandia. Peluang paling matang Swiss datang di menit 35. Sundulan bek Fabian Schar masih tepat ke arah kiper Lukasz Fabianski.

Asyik menyerang, Swiss dihukum oleh serangan balik cepat Polandia. Di menit 39, Polandia bisa unggul lebih dulu. Kerja keras Kamil Grosicki diselesaikan oleh Jakub Blaszczykowski. Gol ini tak lepas dari kejelian Robert Lewandowski yang meloloskan umpan Grosicki kepada Blaszczykowski.

Swiss gagal membalas gol Blaszczykowski hingga turun minum.

Tertinggal satu gol, Swiss coba meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Polandia sendiri tetap mengandalkan serangan balik cepat.

Swiss nyaris menyamakan kedudukan melalui aksi  Shaqiri di menit 52. Tendangan pemain Stoke City itu dengan gemilang digagalkan oleh Fabianski.

Satu menit kemudian, serangan balik Polandia hampir berbuah gol kedua. Berawal dari kesalahan Djourou, Blaszczykowski melepaskan tembakan dari jarak 20 yard, beruntung bagi Swiss karena Sommer masih bisa dihalau Sommer.

Guna menambah daya gedor, pelatih Swiss Vladimir Petkovic memasukkan wonderkid Breel Embolo dan Gelson Fernandes. Kehadiran kedua pemain ini membuat serangan Swiss lebih menggigit.

Memasuki menit 73, papan skor harusnya berimbang 1-1 bila Fabianski tidak tampil gemilang. Mantan kiper Arsenal itu melakukan penyelamatan gemilang menghadang tendangan bebas Ricardo Rodriguez.

Dewi fortuna nampak sedang menjauhi Swiss. Peluang Haris Seferovic yag sudah gagal dibendung Fabianski malah membentur mistar gawang.

Swiss akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 82. Shaqiri mencetak gol indah guna menyamakan skor menjadi 1-1. Pemain Stoke City itu melakukan bicycle kick dari tepi kotak penalti. Karena skor 1-1 bertahan sampai 90 menit, pertandingan harus berlanjut hingga extra time.

Selama 30 menit tambahan tidak ada gol yang bisa dicetak kedua tim. Swiss memiliki peluang emas untuk memenangi laga di extra time.

Peluang pemain pengganti Eren Derdiyok meneruskan umpan Shaqiri dengan gemilang ditepis oleh kiper Lukasz Fabianski. Adu penalti pun harus digelar untuk menentukan siapa yang lolos ke perempatfinal.

Keberuntungan tidak berpihak kepada Swiss. Lima algojo Polandia semuanya mampu memperdaya Sommer.

Sedangkan bintang Swiss, Granit Xhaka yang jadi penendang kedua gagal menjalankan tugas dengan baik. Sepakan Xhaka melebar. Polandia pun lolos ke perempatfinal dengan keunggulan 5-4. [Liputan6]

Related posts